Monday, May 21, 2007

Filter infra-red

Reflection on ice ...


Setelah beberapa minggu digempur habis-habisan ama kerjaan, minggu lalu boleh dibilang ritme pekerjaan saya turun drastis. Selain sibuk bersepeda (bike to work gitu lho), ada beberapa input yang sangat berharga yang membuat saya harus 'berhenti' dan berfikir kembali, mau dibawa kemana perahu ini ...

Yang menarik ialah, di 2 minggu terakhir ini karena kesibukan yang luar biasa dengan tingkat stress yang tinggi, salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengutak-ngutik foto ... masih cukup banyak foto yang belum naik cetak. Ternyata cukup ampuh juga ... meski jadinya sampe sekarang sibuk dengan foto, dan blog agak terlantarkan ... :)

Salah satu hal menarik yang sedang saya eksplorasi saat ini adalah pemakaian filter infra-red (IR). Jika tepat memakainya, hasil fotonya akan berubah drastis. Seperti di dunia impian, dedaunan menjadi putih, agak blur/kabur, wah ... pokoknya antik banget dah.

Sebagai contoh adalah foto di atas. Ini adalah foto danau Universitas Indonesia dengan latar belakang gedung Rektorat. Untuk anda yang sudah pernah ke sana, rasa-rasanya setuju dengan saya kalau pemandangannya biasa-biasa saja. Kecuali misalnya ada yang duduk di pinggir danau atau ada yang sedang bersampan ria ....

Tapi dengan filter IR, suasana ini bisa berubah menjadi drastis - setidaknya menurut saya hehehe ... Danau menjadi seperti danau es, pantulan pepohonan, rektorat, sampai awan yang fantastis. Dedaunan yang menjadi putih seperti salju, dan langit yang menjadi merah berdarah ... :-P

Waktu pertama mengambil foto dengan filter ini, sempat tanya para empu-empu fotografi di kantor, sebetulnya foto IR yang tepat dan baik itu seperti apa? Eh jawabannya, tidak ada kaidah yang baku. Pokoknya makin antik, fantastis, menarik ... makin bagus! Ya sudah ... kita 'mainkan' deh ... :)

Anyhow, jadi ngalur ngidul. Apa kabar semuanya? Maaf belum sempat mampir nih di blog anda ... :)

2 comments:

Diah Utami said...

Seneng ya bisa eksperimen dengan hal-hal baru. Selamat berburu objek foto bang, saya sih nunggu hasilnya aja. Hehe...

koeniel said...

wah! udah bereksperimen dengan IR nih pak zuki! pake kamera gedenya? tripod dong?