Wednesday, January 16, 2008

5 Perkara Sebelum 5 Perkara

it's flying!


“Rebutlah lima perkara sebelum datang lima perkara lain, yaitu masa muda engkau sebelum datangnya hari tua, masa sehat engkau sebelum dilanda sakit, masa kaya engkau sebelum masa miskinmu, masa lapang engkau sebelum datangnya waktu sibuk, dan masa hidup engkau sebelum datangnya saat kematian.” (Hadith Riwayat Muslim dan Tirmizi dari Amru bin Maimun r.a.)

Penceramah di kuliah subuh mengingatkan akan hadits ini ketika ada yang bertanya, bagaimana agar ia bisa konsisten dalam beribadah, terutama pada masa liburan ini.

Rebutlah 5 perkara sebelum datang 5 perkara yang lain. Jangan kita terlena, terutama pada saat kita muda, sehat, kaya, lapang, dan pada saat kita masih hidup. Terus kuatkan diri, terus perbaiki diri, kita harus lebih baik hari ini dari kemarin dan esok harus lebih baik dari hari ini.

Sang penceramah melanjutkan ceramahnya dengan mengingatkan pentingnya sistem untuk membantu kita agar tetap konsisten dan istiqomah. Sistem ini bisa berupa tugas-tugas rutin yang perlu kita kerjakan, hal-hal yang harus terus kita baca dan pahami, ataupun adanya teman yang terus saling mengingatkan.

Sang penceramah menutup tausiahnya dengan mengingatkan kembali pada pentingnya teman, saudara yang saling mengingatkan. Mengingatkan dalam kebenaran dan kesabaran.

Yuk ... tetap konsisten ... terus berusaha untuk memperbaiki diri, dan saling mengingatkan dalam kebenaran dan kesabaran ... :)

Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasihat menasihati supaya menaati kebenaran dan nasihat menasihati supaya menetapi kesabaran. QS 103.1

2 comments:

Harrie said...

Meskipun kita hanya diminta mengingat 5 Perkara, tetapi dalam prakteknya ternyata agak susah. Kita mudah terlena dengan ke-muda-an kita. Kita sering kali jadi sombong ketika segar bugar. Kita terkadang jadi angkuh dan kikir di kala harta berlimpah. Kita lebih suka menghabiskan waktu senggang di depan kotak TV. Dan kita seringkali lupa bahwa setiap saat nyawa kita bisa melayang. Ampun dech

Tri Ubaya said...

subhanallah....
smoga bisa memanfaatkan waktu dg baik di 5 perkara sebelum datang 5 perkara lagi...


http://triubaya.blogspot.com/
http://geofisika43.blogspot.com/