Sunday, June 24, 2007

Bersepeda ...

earn the life


Minggu lalu pas lagi makan malam bersama tamu dari negeri manca negara (lagi-lagi!), salah seorang teman kantor bertanya, "Bagaimana sepedanya, masih jalan?" Jadi teringat salah seorang rekan blog juga pernah menanyakan hal yang sama ... :)

Alhamdulillah, sejak program ini 'diluncurkan' awal bulan Mei kemarin, hingga kini saya bisa konsisten untuk gowes 2 kali seminggu. Barusan hitung-hitung, ternyata sudah 7 minggu ... alhamdulillah ...

Pengalaman sudah lumayan ... mulai dari kehujanan pas berangkat ... pas pulang ... ban bocor sehingga sepeda harus dituntun .. pulang sudah gelap sementara lampu sepeda masih ngandelin yang model 'mata kucing' ... trik-trik mengatur supaya beban di ransel tidak terlalu berat ... belanja perlengkapan sepeda ... sampai yang tadinya pas nyampe langsung lapar dan ngantuk habis-habisan mulai kembali normal seperti naik mobil ke kantor ... Cuma untuk yang satu ini belum bisa kalau pas pulang. Itu udah capek banget dan kalau udah mandi rasanya pingin langsung gubraak di tempat tidur ... :-P

Sekarang alhamdulillah rasa-rasanya menggowes sepeda sudah tidak terlalu melelahkan. Otot paha dan betis sudah mulai terbentuk, sementara lemak di seputar tangan, bahu, dada mulai terkikis karena goncangan sepeda yang konsisten selama 40-50 menit untuk satu perjalanan. En supaya nggak terkena polusi, peralatan saya antara lain masker 'moncong babi', kacamata safety, helm sepeda, dan baju dan celana sepeda yang model tipis tapi kuat yang mudah kering kalau kena air hujan.

Hmmm .... kalau dipikir-pikir lebih jauh sih rasa-rasanya kata konsisten di atas kurang tepat. Yang lebih tepat barangkali ketagihan hehehe ... kalau badan dukung, mungkin lebih dari 2 kali seminggu .... ceile ... :-P

Kenapa ketagihan? Yang pertama, rasanya seperti melepaskan diri dari berbagai atribut hidup ini. Mulai dari urusan kantor, kenikmatan dan gaya bermobil ria, lepas dari AC, berselimbuh keringat, debu, dan asap knalpot, hingga pertarungan yang mengasyikkan dengan pengendara motor, metromini, hingga mobil pribadi ... :)

Yang kedua, saat-saat menggenjot sepeda rasanya seperti dunia milik sendiri. Sambil gowes ngelamun (sambil tetap konsentrasi ke jalan tentunya hehehe), denger musik, melihat perilaku orang di pinggir jalan maupun di jalan itu sendiri. Sayang nggak bisa baca buku sambil gowes ya ... :-P

Yang ketiga, olahraga tentunya! Dengan gowes, keringat mengucur. Pagi hari sampai di kantor, mandi air panas (disediakan oleh kantor, alhamdulillah), ah segar .... siap menyongsong hari! Pulang dari kantor gowes, keringat mengucur, kepenatan seharian pun perlahan luntur. Stress pun tergerus oleh sang keringat ... :) Dan dengan jadwal 2 kali seminggu, setidaknya saya sudah berolahraga (aerobik) 3 jam/seminggu. Rasanya sudah cukup, tinggal olahraga ringan di akhir minggu.

So ... apa lagi, yuk sepedaan yuk ke kantor. Jangan lupa, dengan bersepeda, kita pun berkontribusi untuk mengurangi polusi kota ini ...

9 comments:

yellow sunday said...

hallo bang zuki,

terkejut saya baca soal bersepeda inih...hehe
masalahnya udah 3 bulan ini hobi bersepeda saya mandeg total...hehe
dan banyak banget yang pada nanyain: "bspedanya masih jalan?"

dejavu gua...

met kenal skali lagi

melati said...

waaaahh......:)

linda said...

waaaaaaaaaah hebat donk pak gowes sepeda 2x seminggu. enaknya kalo kantor support, ada air panas utk mandi lagi. wuiiiiiiiiiiih asyik bener deh. saya sih cuma gowes sepeda keliling kampung aja pak blom sanggup gowes sampe kantor :). tp dah terbukti hasilnya

diana said...

Alhamdulillah, moga tetap konsisten :) Itung2 nostalgia SMA ya, yg tiap hari gowes, sekalian gantiin jadwal renang, hehe... Mudah2an nular deh ke anak-anak & istri. Hidup B2W!!

bitiqe said...

mantab dah bang! dari pada ke fitness center ya kan???

AbahNurul said...

Apa jaraknya dekat seperti dari rawa belong ke 78 ??? Happy cycling deh ... (Inget lagu dari group favorite loe .. I want to ride my bicycle ....)

Ely Meyer said...

saya juga hobi bersepeda, melintasi hektaran sawah dan ladang serta hutan2 hijau.

Salam kenal Pak Zuki.

Tatz said...

rutenya mana-mana aja bang zuki?

zee said...

hehehe hebaatttt (lagi)! :)
saya berhenti naik sepeda di jalan sejak saya abegong (abg), krn digangguin cowok2 :(
pas kuliah sempet sepedaan lagi tapi di seputar stadion senayan saja...