Monday, May 12, 2008

Foto Hitam Putih

cold


Terus terang, saya heran melihat foto-foto saya dari hasil berburu (hunting) foto kemaren. Lho, kenapa bisa? Wong sendiri yang pergi, sendiri yang motret, sendiri yang ngolah, bahkan sendiri yang pasang di flickr, kok bisa-bisanya heran? :-P

Entah bagaimana, saya menangkap kesan kesepian, kesendirian, ada jarak antara sang fotografer dengan obyek yang difotonya dsb. Apa ini interpretasi saya - yang saya sendiri tidak sadar - ketika mengambil foto-foto ini? Atau bahasa tubuh mereka yang saya tangkap lewat lubang lensa? Ada kegelisahan .. Entah kegelisahan saya, atau kegelisahan sang obyek … atau kegelisahan ini hanya semata khayalan saya sendiri? Apakah seperti ini hidup di republik ini? Atau seharusnya saya lebih banyak mengambil foto yang indah .. Foto bunga misalnya, atau sepasang insan yang bercengkrama .. Atau indahnya tanaman yang segar di pagi hari? Atau romantisme di tembok-tembok usang namun sangat elok untuk acara pre-wedding.

Entahlah, sampai sekarang (waktu nulis ini) saya masih bingung dengan kumpulan foto ini. Ada sesuatu yang membius dan membuat saya terhenyak ...

No comments: