Monday, May 01, 2006

Bekam


Gambar dari bekam.xaper.com


Bekam adalah salah satu metode pengobatan dalam Islam dalam membuang darah kotor dari badan. Informasi lebih lengkapnya bisa dilihat salah satunya di situs ini. Kenapa saya mau diskusi soal ini? Karena Sabtu kemarin saya sempat mencoba pengobatan ini.

Terapinya cukup menarik. Setelah diperiksa sambil ngobrol-ngobrol dengan udztad sekaligus ahli bekam ini, akhirnya beliau mempersilahkan saya duduk di sebuah kursi dengan baju dibuka. Pertama sekali badan saya diolesi minyak (lupa minyak apa ..). Kemudian 2 buah cupung di gambar di atas dipasang di punggung saya. Setelah ditempelkan, kemudian udara didalamnya dipompa keluar, sehingga kedua cupung ini menempel erat di punggung saya. Kemudian beliau memutar-mutar kedua cupung ini di seputar badan.

Rasanya enak! Udah seperti dipijit aja ... mata pun merem-melek karena keenakan hehehe ... sayang minyaknya kurang panas, kalau lebih panas mungkin lebih enak lagi.

Tahap pertama selesai, beliaupun mencabut kedua cupung ini. Tahap selanjutnya ialah membuat lubang ke jaringan kapiler darah. Pisau yang digunakan kecil sekali, dan ditusuk-tusuk ke punggung. Untuk 1 daerah (cupung) tusukannya mungkin sekitar 15-20 buah. Nggak terlalu terasa sih ... lebih sakit digigit semut. Setelah ditusuk, dipasang cupung kembali, dan udaranya disedot keluar. Total ada 6 cupung yang dipasang.

Selain darah yang keluar, udara, dan panas tubuh juga keluar. Setidaknya begitu kata udztadnya ... kan saya nggak bisa lihat punggung sendiri ... :).

Setelah kira-kira 5-10 menit, satu persatu cupung ini dilepas. Rasanya .... luar biasa ... seperti ada yang tersedot keluar dari tubuh. Enak banget, tapi jadi lemas. Matapun kian berat ... eiiits, kata udztadnya, jangan tidur dulu ya pak ... :)

Punggung saya ditusuk-tusuk kembali, rupanya proses ini dilakukan 2-3 kali. Khusus buat saya cukup 2 kali saja. Mungkin karena pemula yak?

Singkat cerita, akhirnya selesai. Punggung saya diolesi minyak kembali yang menurut sang udztad sekaligus berfungsi sebagai disinfektan dan menutup luka saat itu juga. Memang sih dalam perjalanan pulang tidak terasa perih-perih ...

Bagaimana rasanya setelah dibekam? Enak, badan enteng dan segar ... :). Nggak percaya, coba deh sendiri. Tempat saya mencoba berlokasi di daerah Depok ...

Oh ya, seusai berbekam selama 24 jam dilarang makan makanan yang berat (contohnya aspal, kata udztadnya), bekerja berat, AC, minum susu, dan hubungan sutri ... :)

5 comments:

Anonymous said...

Bang Zuki, saya mau dong dikasih alamat lengkap sekaligus ancer-ancer tempat bekam di Depok itu... saya dari dulu pengen coba cuma nggak tahu tempatnya dimana :P

Dini said...

kok kayaknya asik banget... :)
trus punggungnya ada bekas luka ga bang?

igunone said...

abis di-bekam ... trus ditutupi aja pake koyo kali? ha3x ... masa preman pake koyo yak?

zuki said...

masih kurang jelas yak ... hehehe ... setelah dibekam, dikasih minyak dan lukanya langsung menutup lagi. Lagi pula lukanya kecil banget .. mungkin seukuran pori-pori ... :)

haidar said...

PENGEN COBA BEKAM? ADA DI DEPOK

M Haidar Basyaruddin
Alamat : Jl Margonda Raya Gg. Mawar Rt.01/02 Kemirimuka Depok 16423 Telphone : 021 – 91554120 Hand Phone : 085697496347 Biaya: Akupunktur Kesehatan & Kecantikan : Rp. 50.000,- Bekam/Hijamah/kop ( Pengobatan Ala Nabi ) Rp. 35.000,-

Khusus Pangilan + Transport