Wednesday, May 03, 2006

Kemauan Untuk Berubah



Terima kasih untuk teman yang mengenalkan puisi ini dan berkenan untuk menterjemahkannya ke bahasa Indonesia ... :)

Kemauan Untuk Berubah

"Ketika aku muda dan bebas
dan khayalan saya tidak terbatas,
aku bermimpi untuk mengubah dunia.

Saat aku tumbuh lebih dewasa dan bijak,
aku menemukan bila dunia tidak berubah,
lalu aku mempersempit pandanganku
dan memutuskan untuk mengubah hanya negaraku.
Namun itupun seperti tidak dapat digerakkan.

Ketika usiaku bertambah memasuki masa-masa senja,
Dalam suatu usaha terakhir karena terdesak,
Aku menetapkan untuk mengubah hanya keluargaku,
Merekalah yang paling dekat denganku,
Tetapi, mereka pun tidak berubah.

Dan sekarang ketika aku terbaring di liang lahatku,
Aku segera menyadari:
Jika waktu itu aku hanya merubah diriku sendiri dulu,
Kemudian memberikan contoh,
Aku mungkin dapat mengubah keluargaku.
Dengan bantuan inspirasi dan dorongan semangat mereka
aku mungkin dapat memperbaiki negaraku,
dan siapa tahu aku dapat mengubah dunia."

Puisi ini ditulis di atas kubur seorang Anglican Bishop ( 1100 AD) di dalam makam Westminster Abbey.

Berikut adalah tulisan aslinya:

The Willingness to Change

"When I was young and free
and my imagination had no limits,
I dreamed of changing the world.

As I grew older and wiser,
I discovered the world would not change,
so I shortened my sights somewhat
and decided to change only my country.
But it too seemed immovable.

As I grew into my twilight years,
In one last desperate attempt,
I settled for changing only my family,
those closest to me,
but alas, they would have none of it.

And now as I lay on my deathbed,
I suddenly realize:
If I had only changed myself first,
then by example,
I might have changed my family.
From their inspiration and encouragement
I would then have been able to better my country,
and who knows,
I may have changed the world."

2 comments:

Anonymous said...

Jadi inget kata agym ttg konsep perubahan:
mulai dari yg kecil, mulai sekarang dan mulai dari diri sendiri :-)

igunone said...

puisi yg bagus ... sangat representatif, khususnya utk saya sendiri ;-)