Thursday, February 28, 2008

Khutbah 8 Februari 2008 - Nasihat

red hat


Saya mencoba menambah 1 tugas diri, mencatat materi khutbah Jum'at. Alhamdulillah, kualitas udtadz di mesjid kantor semakin meningkat saja. Sayang sekali kalau dilewatkan ... :)

Khutbah 8 Februari 2008
Nasihat

Soal sulitnya menerima nasihat. Seperti hidayah, tidak semua orang bisa, mau, dan diberikan kemudahan menerima nasihat. Contoh:
  • Kisah kaum Nabi Saleh: QS Al a'raf 7:79
  • Kisah kaum Nabi Nuh: QS 7:62

Padahal Nabi Muhammad SAW saja mau menerima nasihat dari orang biasa seperti kita bisa lihat di QS 28:20-21

Di surat Al Ashr, kita punya kewajiban saling menasihati (muamalah: tugas sosial), dan harus bersabar dalam saling menasihati.

Hadits:
  • Dari Abu Ruqayyah Tamiim bin Aus Ad Daari radhiallahu ‘anh, “Sesungguhnya Rasulullah telah bersabda : Agama itu adalah Nasehat , Kami bertanya : Untuk Siapa ?, Beliau bersabda : Untuk Allah, Kitab-Nya, Rasul-Nya, para pemimpin umat Islam, dan bagi seluruh kaum muslim”
  • “Hak seorang muslim atas muslim yang lain ada enam.” Beliau pun ditanya, “Apa saja, ya Rasulullah?” Jawab beliau, “Jika engkau bertemu dengannya, ucapkan salam kepadanya. Jika dia memanggilmu, penuhi panggilannya. Jika dia meminta nasihat kepadamu, berikan nasihat kepadanya. Jika dia bersin lalu memuji Allah, doakanlah dia1. Jika dia sakit, jenguklah dia; dan jika dia meninggal, iringkanlah jenazahnya.” (HR. Al-Bukhari no. 1240 dan Muslim no. 2162)
Berbahagia punya sahabat yg mudah memberikan nasihat. Dalam teori performance management, ini lazim disebut feedback. Carilah feedback, selalu!

Berhati-hati dalam menerima nasihat:
  • Setan menggunakan kata nasihat dalam membujuk Nabi Adam seperti dijelaskan di QS 7:21-22
  • Saudara-saudara Nabi Yusuf AS menggunakan kata nasihat ketika membujuk sang ayah untuk membawa Nabi Yusuf AS seperti dijelaskan di QS 12:11

No comments: