Sunday, February 24, 2008

Tour de Java 2007-2008 (bagian 5)




Aduh ... maaf lupa nerusin yang ini, kebanyakan yang simpang-siur. Untung saja seorang teman menanyakan kelanjutan cerita tour de java ini ... :)

===
Pagi hari di Jogja. Anak-anak sudah semakin penat meski masih saja penuh semangat. Sesudah sarapan di hotel, kami pun memulai petualangan kami menelusuri Jogja ... kali ini dengan becak ... :)

Setelah berdiskusi dengan tukang becak di depan hotel, kami mengambil 2 becak dengan ongkos 25 ribu rupiah untuk mutar-mutar 1 hari di Jogja. Prihatin juga ... kok begini murahnya ... sambil naik becak saya dan istri sibuk mengedip-ngedipkan mata, semoga perjalanan ini berkah, jadi kami bisa bersedekah dengan memberi lebih ...

Tujuan utama kami keraton. Dan seperti sudah diduga sebelumnya, sang mas berhasil membelokkan kami menuju berbagai toko, toko batik, toko dagadu, toko ... toko ... Pak, di keraton ada tarian, tapi jam 11, mending kita mutar-mutar dulu ... begitu bujuknya. Berhubung ini liburan ... ya sudahlah pikir saya ...

Sampai di keraton, kami sempat menonton tarian seperti yang mas becak janjikan, lalu melihat-lihat keraton. Namun mulai terlihat kalau anak saya yang besar mulai letih. Kasihan .... perjalanan maraton berhari-hari ... lama-lama capek juga.

Rencana rute hari itu akhirnya kami batalkan (keraton depan, museum, benteng, malioboro, taman sari, dst dst). Alih-alih kami pergi ke Gudeg Lengkung di Timur keraton.

Kami makan di rumah makan Yu Djum. Manisnya pas ... enak banget malah. Cuma manajemennya parah banget ... :-P Ga jelas harus pesen makan ama siapa, orang-orang di rumah makan itu selalu berubah peran. Lima menit yang lalu dia bagian ngeramu makanan, 2 menit yang lalu mendadak ngurusin besek, sekarang lagi ngambil teh manis pesenan orang, dan ga tahu habis itu dia bakal ngerjain apa ...:-P Akhirnya sang istri mengeluarkan jurus bataknya (padahal beliau orang Jawa), yang ngeramu makanan (terserah mau ganti orang) ditongkrongin sampe semua pesenan kita keluar. Hmmm ... agak ga enak sih, kita ga ngantri jadinya ... habis gimana, pusing ngelihatin orang-orang di tempat makan ini ... :)

Selesai makan, karena anak-anak udah agak cemberut, akhirnya kami bujuk dengan senjata andalan .... beli buku! Langsung mukanya cerah semua hehehe ... cuma pas kami tanya mas-mas tukang becak, mereka bingung, dimanaaaaa ya toko buku di Jogja. Kali pikiran mereka "nih turis ada-ada aja, bukannya beli batik, dagadu, bakpia dll ... malah nyari buku ..." :-P

Alhamdulillah ketemu beberapa kios toko buku loak di sepanjang Jl Brigjen Katamso. Toko buku loak ... hmmm ... *ngiler*. Beli beberapa buku, dan sempat beli buku puisi Chairil Anwar dan Sapardi Djoko Damono ... *asyiiiik hehehehe*

Masuk hotel jam 2 siang, kami istirahat. Sore anak-anak ditanya, mau jalan? Jawabannya Ya! Akhirnya malam itu kami berhasil (berhasil nih yee) menelusuri Malioboro, beli batik (saya sempat ngelantur beli CD God Bless, coba itu ndak nyambung hehehe), mampir di toko souvenir (ada 1 toko souvenir di Malioboro yang barangnya bagus-bagus dengan harga sangat bersahabat), dan ... lesehan :)

Rupanya sekarang lesehan di Malioboro sudah tertib ya. Ada daftar harga terpampang jelas ... bahkan ada pajaknya! Saya pesen gudeg ... masih kepingin makan gudeg.

Pulang kami sempat mutar-mutar dengan mobil di alun-alun keraton depan. Kepingin juga jalan-jalan di situ. Tapi anak-anak udah 5 watt semuanya ... jadi lebih baik balik ke hotel deh ... :)

Jogja @3 Januari 2008

1 comment:

Diana said...

Horas Mas! Hehe, iya sih, emang buatak banget waktu itu... apa mau dikata :)