Monday, July 23, 2007

Umroh III - Masjid Madinah

Masjid Nabawi - Madinah (3rd shoot)


Kalau anda bertanya ke saya, suasana sholat mana yang paling enak di Madinah menurut saya, jawaban saya adalah sholat magrib dan subuh.

Kenapa bisa begitu? Entahlah, tapi menurut saya adzan untuk kedua waktu ini sangatlah indah. Suaranya bening, syahdu, merdu. Sederhana, pendek-pendek saja, tegas, tapi lembut. Apalagi pas subuh, ketika udara masih terasa segar. Wah ... itu namanya sholat sunnah seusai adzan saja nikmat sekali, hati seakan diisi oleh udara, makanan, dan semangat baru yang bersih dan murni.

Ada satu hal yang menarik dari hotel yang saya tinggali selama di Madinah. Hotelnya cukup bagus, bintang 4. Perlengkapan mandi cukup komplit dan bagus, begitu pula perlengkapan kamar. Tapi yang menarik adalah di dalam kamar tidak saya temui secarik kertas maupun segores tulisan. Mulai dari direktori hotel (informasi seperti cara pembayaran, lokasi hotel, fasilitas hotel, dll, dll), room service, cara menelepon antar kamar maupun keluar, saluran televisi, emergency exit route, dan lain-lain, tidak ada informasi sama sekali. Secarik kertas pun tak ada, apalagi sebatang pinsil/pulpen.

Apa karena dianggap tamu ngak bakal ngerti tulisan dan bahasa Arab atau memang beginilah budaya Arab. Kalau saja ada fasilitas internet, mungkin saya akan coba melakukan riset ringan soal ini ... Tapi mungkin juga fasilitas internet ada, tapi tidak ada informasinya untuk para tamu ... :)

Saat ini saya dan Yusuf sedang menunggu waktu sholat Jum'at. Kami duduk santai di dalam mesjid sejak sekitar pukul 10. Sholat, baca Al Qur'an, menulis catatan ini, dan banyak lagi yang kami kerjakan. Waktu dan seluruh isi dunia seakan mempersilahkan kami menikmati waktu ini tanpa rasa tergesa-gesa maupun terburu-buru. Ah memang nikmat sekali untuk berbulan madu (lagi) denganNya .... Dan kalau anda bersama pasangan anda, saya yakin ini juga kesempatan baik bagi anda untuk 'menguatkan' kembali cinta anda berdua, yang tentunya berdasarkan cinta padaNya, Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang ....

*ditulis sambil menunggu sholat Jum'at, Madinah, 13 Juli 2007*

2 comments:

Fluffy's Mom said...

Baca jurnal ini...membangkitkan kerinduan yang teramat sangat....

T A T A R I said...

tenang ya kalo habis sholat...