Saturday, May 28, 2005

Metrics

Di kehidupan sehari-hari kita suka dengar istilah ini. Mungkin tidak persis sama. Tapi seperti laju inflasi, kurs rupiah, Key Performance Indicator (KPI), NPV, dll dll. Kalau nggak salah intinya ialah melakukan pengukuran yang sifatnya kuantitatif terhadap sesuatu, entah perusahaan, negara, currency dsbnya. Pengukuran ini dilakukan secara rutin dan terus menerus dengan tujuan membandingkan apakah 'sesuatu' itu berkembang ke arah yang diharapkan atau tidak dan seterusnya. Contoh sederhana mungkin kurs rupiah. Kalau kita plot perkembangannya vs US Dollar sejak tahun 1990 misalnya, kita bisa 'mencoba' melihat perkembangan negara kita yang tercinta ini ...

Naah, sekarang pertanyaannya, apa ya metrics untuk mengukur keberhasilan hidup ini? Jumlah gaji/take home pay yang kita terima? Jumlah anak? Keberhasilan anak dalam sekolah, perkawinan? Atau jumlah teman yang kita miliki? Atau sesuatu yang tidak semata horisontal (sesama manusia) tetapi juga kepada Sang Pencipta?

Kita sibuk mengukur segala sesuatu, tapi apa kita sudah mengukur seberapa keberhasilan kita dalam hidup ini? Pertanyaan yang abstrak barangkali tapi mengingat pentingnya hidup ini tentunya kita harus bisa mengukurnya ya ... :-)

No comments: