Thursday, December 22, 2005

Audio portable player: Creative vs iPOD

Kali ini 'pengembaraan' saya berujung pada pertarungan antara 2 raksasa di percaturan audio portable player. Creative adalah perusahaan lama yang sudah tahunan berkecimpung di dunia musik, terutama yang berhubungan dengan komputer. Sementara iPOD adalah anak emas Apple, yang sudah menjadi bagian dari lifestyle orang saat ini.

Sudah hampir 2 tahun saya ditemani oleh Creative Zen NX, MP3 player 20 GB. Suara bagus, bisa menyimpan ribuan lagu, dan umur battere yang lebih dari cukup. Penasaran dengan perkembangan yang ada, akhirnya saya memutuskan untuk meng-upgrade perangkat ini. Ternyata mencari iPOD 2nd susah! Banyak yang jual tapi rata-rata dengan harga yang tidak murah (menurut saya hehehe ...). Akhirnya saya memutuskan membeli produk Creative yang lain ... dan berhasil mendapatkan Zen Touch 20 GB dengan harga yang lumayan miring ...

Dasar penasaran, tetap saja si iPOD menggoda iman saya. Dan akhirnya kemarin saya berhasil mendapatkannya dengan harga yang cukup menggoda. iPOD 4G, 20 GB. Sekarang jadi bingung ... yang mana mau dilepas, si Zen Touch atau si 4G? :-P

Akhirnya saya putuskan untuk mengadu kedua produk ini, mana yang lebih bagus dan cocok di telinga saya. Sebagai lagu pertama untuk uji coba ini saya gunakan lagu dari Peter, Paul, and Marry berjudul Puff The Magic Dragon. Lagu lama, bahkan CDnya pun keluaran tahun 1970! Lagunya sederhana, hanya dengan gitar dan koor mereka bertiga. Namun demikian, lagunya bagus sekali ....

Tes pertama saya gunakan earphone Sennheiser MX500, earphone kelas pemula untuk penggemar audiophile. Dari hasil mendengarkan ini untuk nada-nada high iPOD bisa menghasilkan suara yang lebih natural. Dentingan gitar mendekati aslinya, sementara Zen agak 'kejepit'. Sebaliknya di nada rendah, bass yang dihasilkan Zen cukup pulen dan bulet sementara iPOD agak 'lepas' dan kendor. Nada mid/vokal? Kedengarannya sama, tapi sepertinya iPOD bisa menghasilkan imaging 3D dibandingkan Zen.

Tes kedua saya menggunakan sistem audio di rumah. Pre-amp tabung, ampli tabung, plus analog corrector/buffer sebelum pre-amp. Speaker Heybrook point five plus kabel interconnect Nordost dan Flatline untuk speaker. Hasilnya? Kurang lebih sama ....

Karena penasaran, saya coba pasang CD aslinya di CD Player saya, Marantz 5400. Hahaha ... kedua-duanya tewas dengan sukses ... :)

So, apa kesimpulannya? Secara garis besar kualitas keduanya sama. Perbedaan yang ada akan terdengar (samar) kalau anda mendengarkan dengan tekun. Jadi rekomendasi saya kalau mau cari value for money ambil Creative, tapi kalau mau cari lifestyle dan berani bayar ekstra, go with iPOD. Mau dapat kualitas suara yang bagus? Jangan maen beginian ... mending bikin sistem yang benar ... :)

4 comments:

Apey said...

Eh....anu mas..ehm...*sambil garuk2 kepala yg gak gatel* kalo iPod or creativenya salah satu udah ada yg bosen, aku rela menerima & merawatnya..secara acer 512mb-ku udh gak banget kalo dibandingin sama yg 20gb :P

Anonymous said...

Cuma hendak komentar ttg lagunya, aduh itu keren sekali lagu naga ajaip. Btw itu ngetesnya pakai berkas yg sama atau tidak?

zuki said...

@apey: ehm ... creativenya udah diambil temen .. tinggal ipodnya nih ... :-P

@saya alias MDAMT: maksud berkas sama apa nih? Yang pasti sulit kalau dibikin apple-to-apple ... namanya juga review berdasarkan telinga saya :)

zuki said...

Saya wrote:
Maksutnya apakah menggunakan mp3 yg sama? (kalau pakai mp3) laju bitnya sama, vbr/non-vbr dsb?

Btw kalau ngetesnya pakai lagu "Het Betjaklied"-nya (versi live) Wieteke van Dort, gmn hasilnya?

+++
Iya pakai mp3 yang persis sama. Mungkin bisa juga dibandingkan menggunakan keunggulan masing-masing produk, misalnya ipod pakai AAC, tapi saya nggak sejauh itu .. :)

Wah nggak bisa ngetes lagi, creativenya udah dipake orang lain. But lagunya oce juga ... :-P