Monday, January 23, 2006

Human Capital

Sungguh menarik sekali membaca berita di harian Kompas hari ini berjudul Pelajaran Berdemokrasi dari Finlandia. Di situ dijelaskan kalau bangsa Finlandia adalah bangsa yang harus membayar pajak sangat tinggi dan mungkin tertinggi di dunia. Namun yang menarik ialah pajak itu akhirnya dikembalikan ke masyarakat, terutama untuk investasi meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Kata Presiden Lembaga Penelitian Ekonomi Finlandia Sixten Korkman, "Kami sangat fokus untuk melakukan investasi pada human capital karena kami menyadari bahwa hal itu jauh lebih berharga dari kekayaan alam dalam bentuk sumber alam." Sebagai contoh di bidang pendidikan, menurut Korkman Finlandia merupakan negara yang memiliki sitsem pendidikan terbaik di dunia.

Luar biasa ... agak memalukan kali ya kalau mau dibandingkan dengan APBN, APBD kita. Yang terjadi sibuk korupsi ... :(

Cuma repot kalau cuma komentar terus. Lebih baik kita masing-masing sibuk menginvestasikan harta kita untuk pendidikan orang-orang di sekitar kita. Anak, istri/suami, tetangga, teman kerja, dan seterusnya. Harta tidak punya? Waktu ... sediakan waktu untuk belajar dan mengajari orang.

Tidak punya waktu? Ya tidak heran karena kita tidak punya waktu, beginilah nasib republik ini ...

No comments: