Wednesday, January 18, 2006

Melawan Penundaan

Seringkah kita mengalami rasa malas, rasa ingin menunda sesuatu yang harus kita kerjakan? Meski kita tahu pekerjaan itu penting, kita kehilangan motivasi dan keinginan untuk melakukannya. Saya sering menghadapi masalah ini, terutama kalau sudah menyangkut pekerjaan yang berhubungan dengan angka-angka, budget, actual, forecast, cost center, etc, etc. Muaaalesss banget .... :-P

Ada orang-orang yang sudah sedemikian ahlinya dalam menunda sehingga seringkali mendapati dirinya berada pada posisi tertekan oleh tenggang waktu, pekerjaan yang tidak tuntas, maupun kualitas pekerjaan yang akhirnya tidak memadai. Apakah kita termasuk orang-orang ini? Jika ya, bagaimana cara mengatasinya?

Arnold dan Clifford (bapak anak) Lazarus dalam bukunya berjudul Staying Sane in a Crazy World memberikan saran sederhana untuk mengatasi masalah ini. Menurut mereka, banyak orang mengira bahwa ia harus memiliki motivasi sebelum ia bisa mulai pekerjaan yang ia tak sukainya itu. Padahal yang sebenarnya adalah tindakan mendahului motivasi. Begitu kita mulai mengerjakan pekerjaan itu, motivasi kita akan mulai tumbuh dan berkembang yang kemudian memompa kita untuk melanjutkan apa yang telah kita mulai. Persis seperti kata pepatah, "Memulai adalah bagian yang paling sulit."

Banyak orang enggan untuk memulai, karena itu seakan memasukkan setetes air ke ember kosong. Ngak ngepek ... katanya. Padahal, setetes air ini dapat menjadi dua, lalu empat, delapan, enam belas, dan dengan segera kemajuan sudah mulai terlihat.

Kata Lazarus, ketika kita mulai merasa penundaan mulai membelenggu diri kita, buatlah komitmen untuk mengerjakan tugas yang kita hindari itu selama beberapa menit. Menurutnya, kita akan segera menyadari begitu beberapa menit pertama itu lewat, momentum motivasi akan terbentuk dengan pasti dan kita akan jauh lebih antusias dalam menyelesaikan tugas itu.

Balik ke soal angka-angka, itulah yang saya rasakan. Setiap kali mau mulai .... aaah mending ngerjain yang lain .... namun begitu saya bulatkan tekad, mulai menekuninya, tanpa sadar saya akan tenggelam, dan pekerjaan itu segera usai dengan kualitas yang memuaskan!

Nggak percaya? Coba dulu deh ... baru beli ... :)

1 comment:

Eya Fairy said...

Hai Zuki, apa kabar?

Yaa melawan penundaan itu emang sulit, gue juga suka maleees banget, apalagi kalo kerjaan itu gak gue sukai. Tapi spt dalam buku yg zuki sebutin di postingan itu, gue setuju banget, bikin komitmen dulu, sebelum mulai, lumayan bikin kita semangat utk mulai ngerjain, dan punya target utk nyelesainnya, lumayan manjuur....Heheheh