Tuesday, August 22, 2006

Aksi Museum (plus kesibukan ...)

Pipa, Kamera, Sepeda Kesayangan
Gambar diambil di pelataran Museum Fatahillah


Di tengah-tengah kesibukan, saya selalu menyempatkan mengisi blog ini. Seperti ada komitmen khusus ... setidaknya untuk diri sendiri. Mau ada yang baca, alhamdulillah, semoga ada manfaatnya. Kalaupun tidak ada yang mampir, buat saya setidaknya menjadi catatan hidup yang terbuka buat siapa saja ... Sayang memang belakangan ini kesibukan sedang memuncak kembali. Kalau ada yang berkomentar, saya biasanya tersenyum senang di dalam hati, namun tak sempat membalasnya. Apalagi mengunjungi situs-situs blog anda ... mohon maaf, secepatnya saya akan mampir kembali.

Saya tergelitik dengan komentar Diah soal posting panci bekas .... Betul, menulis soal museum di blog saja mungkin efeknya kurang optimal. Diperlukan suatu aksi yang lebih serius, lebih fenomenal, lebih substansial. Mungkin perlu aksi ke jalan, pemboikotan mall-mall, insentif bagi yang mau mengunjungi museum (enak bener ya hehehe) dan seterusnya dan seterusnya.

Hanya saja saya lantas teringat dengan salah satu prinsip yang diajarkan oleh Aa Gym, "mulailah dari diri sendiri, mulai dari yang kecil, dan mulai dari sekarang." Jadi? Bagaimana kalau kita masing-masing mulai mengurangi keinginan diri dan keluarga untuk sibuk mengunjungi mall-mall dan mulai meluangkan waktu untuk mengunjungi dan menyemarakkan museum? Katakan 1 kali dalam sebulan misalnya.

Kalau kita bisa konsisten saja 1 kali dalam sebulan mengunjungi museum (atau tempat-tempat lainnya seperti pelabuhan, yayasan yatim piatu, perpustakaan, wisata alam, dsb) serta mengurangi kegiatan yang sifatnya menghabiskan uang seperti ke mall, cafe, saya kira efeknya akan besar sekali. Balik ke soal Aa Gym, saya sangat terkesan dengan program kencleng umat beliau. Setiap pagi kalau ada yang mau nanya, pasti ditanya dulu ada nggak kenclengnya ... :)

Hal lain yang mungkin kita bisa lakukan dengan media blog ialah dengan meng-tag orang untuk menulis artikel soal museum. Atau mungkin bisa minta bantuan Blog Family? Ah udah lama banget nggak mampir ke sini ...

Intinya mungkin bukan soal besar kecilnya, tapi konsistensi dan kerjasama di antara kita.

Bagaimana menurut anda?

No comments: