Wednesday, August 02, 2006

Pink Martini, Barry Manilow, Dire Straits, dan Harry Belafonte


Gambar dari amazon.com


Saatnya nge-review musik ... :). Pernah dengar Pink Martini? Saya ketemu grup ini secara tidak sengaja. Baca-baca reviewnya di internet katanya musiknya unik. So saya putuskan untuk mencoba mendengarkannya. Bagaimana? Keren banget, musiknya unik. Sulit menggambarkannya, mungkin seperti melihat lukisan surealisme. Ada lagu-lagu instrumental, ada pula yang ada vokalnya. Lagu lama seperti Que sera sera bisa mereka olah menjadi sesuatu yang baru. Coba deh dengerin yang satu ini ...


Gambar dari ket.org

Siapa yang belum pernah dengar Barry Manilow. Suara yang mempesona, sangat mantap dan nikmat untuk musik pop. Dia mungkin salah satu legenda musik yang masih hidup. Saya pernah dikomentarin teman, "Wah ... itu lagu-lagu orang tua ..." Hehehe ... nggak apa-apa, soalnya lagu-lagunya enak-enak. Can't Smile Without You, Mandy, I Write the Songs, This Ones for You dan banyak lagi hits-hitsnya yang sampe sekarang masih enak didengar. Baru-baru ini dia merilis album The Greatest Songs of Fifties, mungkin melirik keberhasilan Rod Stewart menyanyikan lagu-lagu lama. Enak-enak juga lagu-lagunya, coba deh ... cocok kalau lagi stress hehehe ...


Gambar dari acousticsounds.com

Perkenalan saya dengan Dire Straits sebenarnya berawal dari keisengan, mirip-mirip dengan Pink Martini. Cuma dari iseng saya jadi penggemarnya. Lagu-lagunya berbasis rock tapi agak lain. Terus terang saya agak sulit menggambarkannya, dibilang rock mungkin bukan. Tapi kalau dibilang pop jelas tidak. Enteng tapi berat, atau berat tapi enteng? :)


Gambar dari staale.ertzgaard.net

Bagaimana dengan Harry Belafonte. Saya kenal beliau (ceile) pertama kali sewaktu kecil dulu lewat piringan hitam milik ayah saya. Harry Belafonte in Carnegie Hall. Suaranya mantap dan nafasnya panjang sekali. Ia kebanyakan menyanyikan lagu-lagu folk dari berbagai negara sehingga variasi musiknya sangat lebar. Kemarin saya beli album Returns to Carnegie Hall, jadi kanget bangen deh sama album sebelumnya ini.

Menurut saya anda bukan penggemar musik kalau tidak kenal Harry Belafonte ... :)

So ... bagaimana kalau album dari keempat artis/grup di atas diputar secara bergantian di pagi hari Minggu? Yang pasti istri saya pusing 'menikmatinya' ... "Loncat dari satu hal ke hal yang lainnya ....," begitu komentarnya ... :-P

3 comments:

Anonymous said...

Wah ga ngerti ah soal musik2 gitu. tapi di pic pink martini itu, di belakangnya ada menara eiffel ya...

Anonymous said...

Wonderful and informative web site. I used information from that site its great. »

Anonymous said...

Pink Martini memang bagus banget musik nya.
Bamd nya juga unik, ga common kaya band2 biasanya.

Wah ketemu juga nih orang yang ngerti musik Pink Martini.

Uda denger album yang terakhir?
Hey Eugene!
Lagu2 nya lebih keren dari 2 album sebelum nya.

Saya tau Pink Martini dari temen.
Nyari CD nya di sini ga dapet2.
Pengen nitip beli di luar nih kayanya.

Sekarang cuman punya mp3 rip dari CD temen.

Regard - Joseph