Tuesday, February 20, 2007

Resensi musik


Gambar dari Wikipedia


Udah lama juga ya nggak bahas musik ... apa kabar semua, masih suka dengar musik? :)

MInggu lalu saya 'menemukan' satu situs yang menyediakan aneka macam film seri. Sangat menarik karena selain film seri yang 'masa kini' seperti 24, CSI, the Office, Desparate Housewives, yang jaman dulu seperti A Team, Miami Vice, Remington Steele, Mc Gyver, sampai pada film jaman saya masih muda seperti Growing Pains, House M. D., Fresh Prince of Bel Air (ayo coba siapa yang main di sini), the Muppet Show (nulis ini sambil tersenyum membayangkan Miss Piggy dan Kermit), dan Whose Line Is It Anyway (komedi favorit saya yang cuma bisa ditonton ini kalau pas ke US), serta American Idol!

Sayang kebanyakan format yang diberikan divx, jadi nggak bisa diputar di pemutar DVD biasa. Sempat saya coba konversi ke DVD, cuma jumlah kepingnya jadi membengkak. Sesi 1-17 American Idol session 2 yang dengan divx muat di 1 buah keping DVD, jika dirubah ke format DVD jadinya 9 keping. Ya sudah ... nonton di komputer aja deh ... :)

Akhir minggu kemarin saya dan anak-anak dan ibunya akhirnya rame-rame nonton American Idol session 2. Bersempit-sempit di depan layar komputer ... :-P Asyik banget nonton American Idol tanpa iklan dan bisa dimaju-mundurkan sesuka hati kita hehehehe .... melihat lagi bagaimana Clay Aiken dan Ruben Studdard memulai usahanya. Suara mereka memang luar biasa. Sayang sekali saya tidak terlalu suka album-album Ruben ... musiknya kurang nyambung dengan hati dan jiwa saya ... :-P

Melenceng lagi, beberapa waktu yang lalu saya juga 'mengisi' koleksi MP3 saya. Biasa, review awal sebelum memutuskan beli albumnya. Kali ini mencoba penyanyi yang menurut review di internet bagus-bagus, tapi belum pernah saya dengar. Mulai dari jaman dulu sampai sekarang. Mereka seperti A Perfect Circle, Alain Caron, Albert King, Alice Coltrane, Allan Holdsworth, Anja Garbarek, Archive, Arctic Monkeys, Art Blakey, Badly Drawn Boy, Bebel Gilberto, Beck, Bela Fleck & The Fleckstones, Ben Harper, Ben Kweller, Bertine Zetlitz, Beth Orton, Bic Runga, sampai Bill Evans dan seterusnya.


Gambar dari Wikipedia


Sejauh ini yang membuat saya sangat terkesan adalah Bill Evans. Dikutip dari Wikipedia Bill adalah "was one of the most famous jazz pianists of the 20th century; he remains one of the major influences on post-1950s jazz piano". Dengerin albumnya But Beautiful bersama trionya plus Stan Getz, peniup saxophone tenor legendaris, bener-bener bikin merinding. Musiknya standar jazz, namun penjelajahan musik yang terbentuk benar-benar klas dunia. Membuai, melenakan, mencengangkan. Sekali lagi, musiknya standar jazz, jadi kalau anda mencari aroma pop, akan sulit menemukan. Tapi kalau anda penggemar jazz standar, saya yakin banget anda akan keracunan album ini. Nikmat banget dah ... :)

Lagi suka denger apa nih?

4 comments:

Anonymous said...

tergantung mood :)
kalau jazz kadang earl klugh, david benoit, incognito, jamiroquai, basia, maliq & d'essentials,... tapi jgn tanya album2nya, saya gak ngikutin :p

kalo rock evanescence, the cranberries, l'arc~en~ciel... :)

kalo pop... macem2, tapi ngga ada penyanyi tertentu. saya jarang dengerin satu album dari satu grup/penyanyi kcuali kadang2 aja :)

Diah Utami said...

Favorit saya, tetep... The Corrs. Mereka bikin musiknya, mereka garap aransemennya, sekaligus mereka nyanyikan juga. Dengan kualitas prima! Celine Dion juga bagus, tapi kalau nggak salah, kebanyakan lagunya diciptakan oleh David Foster ya? Saya pikir, pencipta lagu-lah yang bikin komposisi lagu itu jadi indah.

Apey said...

kemaren baru dapet lagu jadul SUMMERNIGHT, duetnya Dan Byrd + Sofie...saking senengnya diputer-puter terus deh tuh lagu :)
Winampnya sampe bosen kali yaa..hehe..

btw, musiknya Zee gw banget tuh pak :)

Ndang Nazar Bandar Lampung said...

untuk Bang Apey, minta tolong bang kasih alamat Link untuk download lagu Summer Night nya Dan Bird&Sofie. Dah lama cari2 lagu tersebut, tapi sampai sekarang belum juga dapat. Jika berkenan, Tolong ya Bang Appey.. Thnks sebelumnya