Friday, February 09, 2007

Seri Kehidupan Suami/Istri - Istri (3)

Just you and me


Dikutip dari buku Bimbingan Islam untuk Kehidupan Suami – Istri oleh Ibrahim Amini – Al Bayan. Semoga ada manfaatnya ...

Seri Kehidupan Suami Istri
Bersikaplah yang Menyenangkan

Seseorang yang memiliki sifat-sifat yang baik dengan sikap yang menyenangkan juga tetap akan menghadapi kesulitan dan permasalah hidup yang sama. Namun inilah jenis kepribadian yang menarik yang dicari orang. Sikap dan sifat seseorang yang menyenangkan akan membuatnya kebal terhadap kekacauan jiwa karena sikap hidup mereka adalah mengatasi kesulitan dengan cara yang terbaik dan layak.

Imam Shadiq a.s. mengatakan: "Tak ada hidup yang lebih enak daripada yang menyenangkan.”

Tetapi sebaliknya, seseorang yang memiliki sifat-sifat jelek akan mendapati hidup ini tidak menyenangkan karena hubungan orang-orang semacam ini menimbulkan kecemasan dan ketidakbahagiaan hidupnya. Sikap semacam ini dihindari oleh kebanyakan orang karena akan mengakibatkan semuanya berakhir dengan hanya sedikit teman yang tersisa. Kemudian ini semua menjadi suatu keadaan yang diikuti oleh masalah-masalah psikologis dan penyakit-penyakit lain yang disebabkan oleh kecemasan dan kekosongan yang membuatnya bersikap tidak baik terhadap hidup.

Rasulullah saw. bersabda: "Orang yang memilih sikap dan sifat jelek akan selalu mendapatkan permusuhan dan penderitaan.”

Sikap yang baik dan menyenangkan merupakan sesuatu yang penting di kalangan semua orang pada umumnya dan di kalangan pasangan khususnya karena pasangan harus hidup hersama dan membangun kehidupan yang saling berhubungan.

Ibu yang baik! Bila anda ingin menikmati kehidupan yang menyenangkan bersama suami dan anak-anak, jadikanlah sikap anda menyenangkan dan dapat diterima. Bersifat baik dan tidak selalu bertengkar. Anda mampu menjadikan rumah anda sebagai surga yang agung ataupun neraka yang menyala. Anda bisa menjadi bidadari yang penuh kasih di mana anak-anak dan suami akan mendapatkan kedamaian pada diri anda. Tahukah anda betapa indahnya kesan yang anda tinggalkan di dalam hati mereka lewat senyum yang manis dan bahasa yang halus. Kesan yang menyenangkan itu selalu segar dalam ingatan mereka ketika mereka berangkat bekerja atau ke sekolah dan membantu mereka untuk memulai hari yang indah.

Karena itu, bila anda menyayangi kualitas kehidupan anda dan hubungan anda dengan suami, jangan bersikap tidak baik. Bersikap baiklah, karena pilar pendukung yang utama untuk keamanan perkawinan adalah etika yang diatur dengan baik yang menjurus kepada sikap yang menyenangkan.

Kebanyakan perceraian yang terjadi disebabkan karena perbedaan sifat antara suami istri. Dari data statatistik dapat disimpulkan bahwa pada pasangan-pasangan yang melakukan perceraian tidak terdapat adanya kesamaan dalam sikap, nilai-nilai moral, dan watak. Sumber utama percekcokan dan pertengkaran keluarga adalah perbedaan watak dan nilai-nilai dan prinsip-prinsip etika.

Scorang wanita mengeluh di pengadilan bahwa suaminya selalu makan siang dan makan malam di luar. Lalu suaminya menjelaskan bahwa alasan mengapa Ia selalu makan di luar adalah karena sang istri sama sekali tidak menimbulkan keinginan untuk makan dan bahwa ia adalah wanita yang berwatak paling jelek di dunia. Tiba-tiba sang istri bangkit dan mulai memukuli suaminya di hadapan para jaksa.

Wanita bodoh itu berpikir bahwa dengan mengeluh, menyakiti dan memukuli suaminya ia dapat membawanya pulang ke rumah kembali. Namun, Ia tidak menggunakan cara yang sederhana dan cerdas yaitu dengan lebih berhati-hati dan mencari cara yang Iebih wajar.

Wanita lain melaporkan kepada pengadilan bahwa suaminya sudah tidak pernah berbicara kepadanya selama 15 bulan dan bahwa ia memberikan belanja rumah tangganya melalui ibunya. Suaminya menjawab bahwa ia sudah cukup menahan watak istrinya yang jelek itu yang membuatnya memutuskan untuk tidak berbicara kepadanya selama 15 bulan.

Kebanyakan pertengkaran keluarga dapat diatasi dengan kebaikan hati, kasih sayang dan watak yang baik. Bila suami anda tidak baik hati, bila ia pergi makan malam sendiri, bila ia suka menyakiti, menghambur-hamburkan semua kekayaannya, mengatakan hal-hal tentang perpisahan dan perceraian atau sejumlah penyebab pertengkaran keluarga, hanya ada satu jalan untuk mengatasinya. Caranya adalah dengan berbaik hati dan bersikap baik. Hasil daripada perbuatan ini menakjubkan.

Imam Shadiq a.s. mengatakan: "Allah SWT akan mengganjar orang yang berwatak seperti orang-orang yang berjihad. Ia akan mengaruniakan berkahNya kepada orang itu siang dan malam."

Imam Shadiq a.s. mengatakan: "Wanita yang mengganggu dan membuat suaminya cemas, dijauhkan dari berkah Allah, dan wanita yang menghormati suaminya, patuh dan tidak membuatnya menderita, akan mendapat berkah dan kemakmuran."

Ada suatu hadist yang menceritakan bahwa Nabi Muhammad SAW diberitahu tentang adanya seorang wanita yang berpuasa setiap hari, dan melakukan shalat di waktu malam, tetapi ia mempunyai watak yang jelek dan selalu menyakiti tetangganya dengan lidahnya yang tajam. Nabi menjawab: “Tidak ada kebaikan padanya dan ia adalah penghuni neraka."

No comments: