Tuesday, April 25, 2006

Perjalanan Menuju Sumber Keindahan



Perjalanan Menuju Sumber Keindahan
Arvan Pradiansyah

Untuk memulai perjalanan, ada beberapa hal yang perlu kita ketahui. Pertama, kita perlu menyadari bahwa kita bukanlah tubuh kita, kita adalah jiwa kita. Jiwa itulah esensi manusia yang sejati. We are not physical beings living a spiritual life, but spiritual beings living a physical life. Kita bukanlah makhluk fisik yang menjalani kehidupan spiritual. Kita justru adalah makhluk spiritual yang menjalani kehidupan fisik di dunia.

Kesalahan terbesar yang seringkali kita lakukan adalah menyangka bahwa kita adalah makhluk fisik. Pandangan ini membuat kita menggunakan seluruh hidup kita untuk memenuhi kebutuhan fisik kita, seakan-akan kita akan hidup selama-lamanya. Orang yang berpandangan seperti ini menganggap kebahagiaan itu identik dengan mengumpulkan harta sebanyak-banyaknya.

Kedua, untuk dapat menikmati hidup hal terpenting yang perlu kita lakukan adalah menjadi sadar. Orang yang tidak sadar ibarat orang yang tertidur sepanjang hidupnya. Untuk menjadi bangun kita harus sadar akan 3 hal, yaitu siapa diri kita, dari mana kita berasal dan kemana kita pergi. Mengingat kematian adalah adalah cara yang paling efektif untuk membuat kita sadar dan terbangun. Dengan mengingat kematian anda akan melihat dunia ini dengan kacamata yang berbeda. Bahkan hanya dengan mengingat kematianlah anda bisa benar-benar hidup!

Untuk dapat memulai perjalanan, anda perlu benar-benar membersihkan pikiran dan hati anda dari 'virus-virus' yang berbahaya. Ada 3 virus berbahaya yang sering menghinggapi kita semua, yaitu Sombong, Serakah, dan Iri/Dengki. Selain itu kita juga harus menjaga 'makanan-makanan' yang masuk ke dalam pikiran kita. Seperti dalam komputer, rumusnya adalah GJGO, garbage in garbage out. Jadi kalau yang dimasukkan ke dalam kepala kita adalah sampah, yang keluar pastilah juga sampah.

Namun perjalanan ke dalam diri seringkali terhalang oleh berbagai kepentingan dan kesibukan kita sehari-hari. Untuk itu, anda memerlukan kunci, yaitu menumbuhkan perasaan cinta dan kasih sayang. Salah satu cara praktis untuk memulai hal itu adalah dengan menyadari akan penderitaan yang dirasakan oleh orang lain. Hanya inilah yang dapat membuat hati kita melunak.

Ada banyak hal yang akan anda alami dalam perjalanan ke dalam diri anda sendiri. Pertama, anda akan menyadari adanya hukum alam yang mengatur segala sesuatu di dunia ini. Salah satu hukum alam yang terpenting adalah bahwa, "Apapun yang kita lakukan, yang baik maupun yang buruk adalah untuk kita sendiri." Kia juga perlu menyadari bahwa konsekuensi dan akibat semua perbuatan kita akan kita rasakan di dunia ini juga.

Kedua, anda akan mengalami kebahagiaan yang luar biasa. Kebahagiaan ini tidak dapat diceritakan tetapi hanya dapat dirasakan. Kita menjadi berbahagia karena kita telah membuka akses kita dengan sumber kekayaan yang luar biasa dalam diri kita sendiri. Kekayaan ini begitu berlimpah dan tidak pernah akan habis. Anda boleh mengambil sebanyak yang anda mau dengan cuma-cuma. Dengan melakukan hal itu anda pun akan merasakan kehadiran Tuhan dalam diri anda. Inilah wujud tertinggi dari dari integritas seseorang. Kit asadar tak ada satu tempat pun di mana Tuhan tidak dapat melihat kita. Kita sadar bahwa Tuhan berada sangat dekat dalam diri kita, bahwa Ia bersemayam di dalam hati sanubari kita.

1 comment:

Anonymous said...

"Apapun yang kita lakukan, yang baik maupun yang buruk adalah untuk kita sendiri." ==> bener banget, Bang :)