Sunday, November 12, 2006

Belajar

Watch


Beberapa waktu yang lalu saya kumpul-kumpul dengan teman-teman lama. Ngobrol ngalur-ngidul, ternyata hampir semuanya sedang ambil kuliah lagi. Serem alias minder juga dengarnya hehehe ... Dulu memang sempat berpikir untuk belajar lagi. Cuma kalau sambil kerja rasanya kok bakal pegel linu hehehe ...

Namun di sisi lain terus belajar dari hidup ini rasanya menarik juga (btw, ini salah satu manfaat blog ini, tempat untuk menuangkan hasil 'belajar' maupun pemikiran-pemikiran yang muncul). Itulah mungkin kenapa di tempat bekerja rasanya saya selalu mencari tantangan baru. Belajar yang baru. Hal yang sama yang bersama-sama dengan teman kerja kita terapkan. Selalu cari tantangan baru, belajar hal yang baru.

Hanya kadang memang saya terduduk di depan blog dengan satu pertanyaan, nulis apa ya? Kalau ini terjadi, terus terang ini menimbulkan kecemasan ... artinya belakangan ini saya tidak dapat tantangan dan pelajaran baru ... :)

Ada satu konsekuensi dari belajar dari hidup. Rasanya jadinya tidak terstruktur. Kalau mau terstruktur ya mau nggak mau harus sekolah lagi. Cuma kadang mikir, hidup ini juga tidak terstruktur. Begitu pula Tuhan tidak pernah menceritakan rencanaNya pada diri kita.
Lagi pula saya sedang senang-senangnya 'memindahkan' sebagian manajemen hidup dan kerja dari perencanaan yang matang dan terstruktur ke suasana yang kacau namun inovatif dan kreatif ... :) Ngeles nih ye ... :-P

Namun mau tak mau memang harus ada program yang jelas. Juga materi bacaan yang harus rutin dilalap ...

Bagaimana dengan anda? :)

5 comments:

Aris Heru Utomo said...

Benar mas Zuki, sekolah lagi memang cara yang lebih mudah untuk kita belajar terstruktur dibanding kita harus mendisiplinkan diri sendiri. Saya pun merasakannya. Sekarang lebih sulit untuk mendisiplin diri untuk belajar, terutama dalam membaca referensi. ada saja alasannya, mulai dari rutinitas kantor sampai "gangguan" anak2 yang sudah mulai besar. :=) Salam.

T A T A R I said...

iya..belajar emang harus sampe mati ya mas??
ayo belajar !!

Linda said...

alhamdulillah sekolah sambil kerja lumayan menguras tenaga & cukup bikin pegal linu & masuk angin. insya Allah th ini selesai pak, doain ya

silverring said...

Nggak kebayang apa sanggup yah sekolah sambil kerja... Selain itu, teman serumah & sekamar harus extra pengertian tuh, hehe...

-Fitri Mohan- said...

kalau saya kebetulan bisa nyambi sekolah sambil kerja. meskipun ya, pegel linunya itu nggak kira-kira.

semua orang adalah guru, semua tempat adalah sekolah, dan semua pengalaman adalah pelajaran yang berharga.

demikian buat saya, mas. :)