Tuesday, January 09, 2007

Kualitas Pemimpin Sejati (bagian 16)

Night shot @ISO 1600


Tulisan ini berdasarkan buku karangan John C Maxwell, The 21 Indispensable Qualities of a Leader. Tiada maksud untuk menulis ulang buku ini (takut kena urusan copyright hehehe ...), tapi lebih berupa ringkasan berdasarkan pemahaman saya .. :-O

16. Tanggung Jawab: Jika anda tidak mau membawa bolanya, anda takkan dapat memimpin timnya

Sukses besar menuntut anda memikul tanggung jawab ... jika dianalisa, akhirnya ditemukan bahwa suatu kualitas yang dimiliki oleh semua orang sukses adalah kemampuan untuk memikul tanggung jawab
– Michael Korda, Pemimpin Editor Simon & Schuster

Menurut Maxwell, orang yang bertanggung jawab memiliki karakteristik berikut:

1. Mereka melaksanakan tugasnya
Seorang jutawan muda ditanya, mengapa ia bekerja 12 hingga 14 jam seharinya. Ia menjawab, "Saya membutuhkan waktu 15 tahun bekerja untuk sebuah organisasi besar, untuk menyadari bahwa di dalam masyarakat kita anda bekerja 8 jam sehari untuk bertahan hidup, dan jika anda hanya bekerja 8 jam sehari, anda hanya bertahan hidup ... segalanya yang di atas 8 jam merupakan investasi untuk masa depan anda."

2. Mereka rela menempuh jarak ekstra
Orang-orang yang bertanggung jawab tidak pernah memprotes, "Itu bukan tugas saya." Mereka bersedia melakukan apapun yang diperlukan untuk menuntaskan pekerjaan yang dibutuhkan oleh organisasi. Jika anda ingin sukses, bersedialah untuk mendahulukan organisasi ketimbang agenda sendiri.

3. Mereka didorong oleh hasrat mencapai kesempurnaan
Kesempurnaan adalah motivator yang hebat.

4. Mereka tetap menghasilkan terlepas dari situasinya
Kualitas tertinggi dari seseorang yang bertanggung jawab adalah kemapuan untuk menuntaskan. Dalam bukunya, An Open Road, Richard L Evans menulis, "Sungguh berharga menemukan seseorang yang bersedia memikul tanggung jawab, yang bersedia menuntaskan hingga detil-detil terakhirnya – mengetahui bahwa jika ia diberikan tugas, ia akan menuntaskannya dengan efektif, dengan penuh kesadaran."


Berikut adalah 3 tips dari Maxwell untuk meningkatkan rasa tanggung jawab:
- Bertahanlah
Kadang kita kurang ulet dalam menghadapi suatu situasi, apalagi dalam keadaan tertekan. Untuk itu kita perlu berfikir kreatif. Menelepon orang lain misalnya untuk membantu? Merekrut orang? Cari dan temukan solusi, berfikirlah di luar kelaziman (out of the box).

- Akuilah apa yang belum baik
Jika anda telah berusaha namun hasilnya belum mencukupi, mungkin karena standar anda terlalu rendah. Jika ya, lakukan perubahan, tingkatkan standar anda.

- Carilah peralatan yang lebih baik
Jika anda sudah berusaha keras, standar tinggi, namun anda belum mencapai yang diinginkan, mungkin ini saatnya untuk menambah peralatan. Mengambil kursus atau pelatihan, mencari pembimbing atau mentor, dan lain sebagainya.

4 comments:

Linda said...

semoga pimpinan kantor tempat saya kerja bisa jadi pemimpin sejati bukannya mengurus masalah yg sepele tp mengabaikan kemajuan Perusahaan

makasih ya pak doa & supportnya

T A T A R I said...

wah ..tulisannya sangat bermanfaat sekaliiiiiii

Anonymous said...

Terima kasih bang udah mensarikannya untuk kita...Sayang saya bukan tipe pemimpin, yang saya lakukan cuma kerja keras, loyal terhadap atasan dan serahkan semua kepadaNYA agar berkah.
Salam, TeeJe.

Anonymous said...

hmmm...14 jam sehari ya..!
mmmm, ntar pikir2 dulu deh...
:D
¤ salam kenal ¤