Wednesday, September 05, 2007

Resensi musik: Sahuleka dan Scorpions


Foto dari www.mediaindo.co.id


Hmmm ... udah lama banget ga ngulas musik ... :) Sebenarnya cukup banyak CD yang sempat saya dengerin, cuma ga sempat-sempat ngereview. Yang sempat cuma dengerin dan nge-rip ke iPod ... :-P.

Satu album menarik yang udah agak lama keluar adalah album live Daniel Sahuleka. Awal cerita saya 'bergaul' dengan musisi ini adalah ketika saya dengar kalau ia ke Jakarta. Ga terlalu nyimak beritanya, tapi yang pasti dia bikin konser akustik di Erasmus Huis Jakarta. Sampai sini juga ga terlalu nyimak, hingga satu malam ketika salah satu saluran TV menyiarkan konser ini.

Meski siarannya sangat amat menjengkelkan (sebentar-sebentar - di tengah lagu - dipotong oleh wawancara, komentar, ataupun iklan), saya sempat terpana dan tersepona oleh suara Daniel, gitarnya (ia bernyanyi hanya bertemankan sebuah gitar akustik yang dimainkannya sendiri), maupun pengaturan konsernya ini.

Penasaran, akhirnya saya pun mencari CD-nya. Ternyata rasa penasaran saya terbayar. Konsernya benar-benar akustik, hanya Daniel dan gitar. Petikan gitarnya sangat hidup, mengimbangi nyanyian Daniel. Berjiwa, beremosi, dan menyatu. Suara Daniel sendiri masih seperti bertahun-tahun lalu, khas dengan cengkok dan sengaunya.

Ketika saya mendengarkan CD ini dengan sistem audio di rumah, hatipun terbawa melayang, terpana, terbius. Kadang nafaspun sampai tertahan, karena hati yang tercekat menunggu not-not yang akan keluar dari senar gitar maupun pita suara Daniel. Di akhir lagu, ketika terdengar orang bertepuk tangan, tak terasa nafas ditarik panjang ... seperti baru saja melewati suasana yang mencekam ... tenggelam dalam keindahan musik dan suara ....



Foto dari imageshack


Beranjak ke jenis musik yang lain. Akhir minggu lalu saya membeli album Scorpions yang terbaru, Humanity. Menurut hasil review salah satu koran di Jakarta, album ini menandakan kembalinya Scorpions ke puncak kejayaannya. Karena memang saya penggemar Scorpions (sempat nyanyiin salah satu lagu mereka ketika nge-band di SMA hehehe), saya pun membeli CD ini, penasaran hehehe ...

Ternyata koran itu benar, Scorpions is back!! Musiknya keren, lagu kencang dan balada berimbang, suara Klaus Meine masih keren habis! Kalau ini tak perlu basa-basilah, kalau anda suka Scorpions atapun satu generasi dengan saya, album ini wajib punya! :)

2 comments:

Anonymous said...

Masak Scorpion kembali? Memang kayak apa musiknya sampe kayak gitu terpananya? Ini sih udah pasti saya enggak wajib beli kali yak.... :P,,, Indahnya perbedaan. TJ.

Anonymous said...

you make my world's so colorful............