Monday, February 06, 2006

Jamie Cullum, Michael Buble, dan Batman Begins

Udah lama juga nih nggak nge-review musik dan film ... :) Salah satu penyebabnya ialah (seperti biasa) pekerjaan yang menyedot energi dan semangat. Tapi harusnya nggak begitu ya .. kalau kesedot terus terus gimana dong bisa menikmati proses hidup ini ... :)

Ada 2 penyanyi yang menarik perhatian saya belakangan ini, Jamie Cullum dan Michael Buble. Kebetulan selera lagi senang yang jazz-jazz jadi saya meluangkan waktu mendengarkan mereka, siapa tahu CDnya harus masuk dalam daftar koleksi saya .. :)

Jamie Cullum. Lagunya bervariasi, ada model jaman sekarang, ada model swing, jazz standar. Harus saya akui suaranya sangat khas. Serak, agak sengau sedikit, gaya menyanyi yang malas cukup membuai ... tidak semua lagu-lagunya bisa diterima telinga saya, namun sekali lagi saya harus akui suaranya khas dan asyik punya ...


Michael Buble. Suaranya eksotik, manja, merayu. Berat tapi cukup berat. Lagu-lagu kebanyakan gaya swing seperti jaman Frank Sinatra atau Nat King Cole. Sayang kurang berat untuk bisa menyamai kedua orang ini. Lagu You and I dari album It's Time menurut saya paling enak. Didengar sambil matiin lampu dan termenung dalam kenikmatan lagu di tengah suasana remang-remang .. :) Piano, orkestra mengalun pelan-pelan mengiringi suara eksotik dan manja yang membujuk kita untuk turut terbuai ...


Bagaimana dengan film Batman Begins? Tadinya saya pikir ini seperti film-film Batman lainnya, menceritakan bagaimana suka duka sang jagoan dalam memberantas kejahatan. Atau ada unsur manusiawi seperti film Spiderman. Ternyata tidak. Di awal film saya sempat terhenyak ... karena film ini mampu menyodorkan rasa kemarahan dan kebencian sedemikian jelasnya. Suasana yang ditampilkan, ekspresi wajah, dialog yang terjadi membawa saya ke dunia ketika emosi menggelegak dan meledak sehingga menutup pikiran yang waras. Menontonnya hingga akhir membuat saya harus mengakui kalau film ini lain dan pantas masuk review di lamunan-sejenak hehehe ... Suasana kemarahan dan kegelapan terus muncul sepanjang film ini. Memang sang batman menang dalam pertarungannya di film ini, namun tetap saja rasanya berbeda. Kalau film lain berakhir dengan rasa terharu, gembira, ataupun bahagia, yang ini malah berasa getir dan pahit. Bukan berarti filmnya nggak pantas ditonton lho, tapi efeknya sangat berbeda dibandingkan film-film lain secara umum.

8 comments:

Lili said...

Kayaknya David Foster yg nemuin Buble emang produser mumpuni.

setiap org yg ditemukan oleh Foster, jadi nge-tob euy...

suara Buble emang cocok banget nyanyi swing jazzy..

apa kabar pak?

Anonymous said...

Saya suka sekali dengan Jamie Cullum.. Suka banget. Apalagi albumnya yang pertama, Twenty Something.. No.1 tahun 2003!

cindymon said...

suaranya si permen karet memang seksi abisss, cowok banget, berat, dan mantab!
pelafalan nama buble gimana sih? 'buble' apa 'babel'? :D

Tatz Sutrisno said...

yup..saya juga suka lagu2nya mr. buble..sama jamie cullum.
btw..superman returns udah ada tuh pa..
to cindymon : kalo ga salah "buble" bukan "babel"

Apey said...

Home nya Michael Buble and everlasting love si imut Cullum ada di mp3 player gw yg cuman 512MB itu. It means, lagu2 yg ada disitu tuh bener2 selekta pop lagu2 paling top markotop :) eh, smalem dari grammy award gw baru tau kalo selama ini salah ngucapin Buble. yg bener emang [bubele] instead of [babel].

Setuju sama mbk Lili, temuannya david foster pasti awesome. Kalo yg cewek mungkin bisa dimasukan Renee Olstead.., A love that will lastnya otree bgt..mirip2 Diana Krall.

Anonymous said...

wah..sama dunkz..gw juga suka banget sama michael buble and jamie cullum...
suaranya bagus banget, ditambah jamie cullum yang jago maenin pianonya.. lengkap deh kayaknya...hehe...

Anonymous said...

wah... ketinggalan nih... aku baru liat si jamie cullum kemaren di MTV... :D emang jazzy tapi unik...

kalau buble aku udah senang banget dari dulu dengan 'home'nya... tapi belum pernah denger lagunya yang lain juga sih hehehe...

Anonymous said...

jamie emg keran abis... lagu high and drynya bikin suasana hati jd gmn gt awalnya seh gw biasa aj ngedengerinya but lama2 ouch... suaranya itu dalem bgt boo..