Sunday, February 05, 2006

Kualitas Pemimpin Sejati (bagian 12)

Tulisan ini berdasarkan buku karangan John C Maxwell, The 21 Indispensable Qualities of a Leader . Tiada maksud untuk menulis ulang buku ini (takut kena urusan copyright hehehe ...), tapi lebih berupa ringkasan berdasarkan pemahaman saya .. :-O

12. Semangat Yang Tinggi: Cintailah Hidup Ini

Jika seorang pemimpin mengulurkan tangannya dengan penuh semangat, biasanya ia akan disambut juga dengan penuh semangat - John C. Maxwell

Ingat kata-kata Sony Tulung di setiap akhir kuis Famili 100? Tetap semangat! Itulah dasar utama bagaimana Papa John's Pizza bisa berkembang dari 1 menjadi 46 toko di 7 tahun pertamanya dan menjadi 1.600 toko di 7 tahun berikutnya.

Salah satu hasil penelitian menunjukkan bahwa lebih 50% CEO perusahaan Fortune 500 mendapatkan nilai rata-rata C ketika kuliah. Hampir 75% dari semua Presiden Amerika Serikat hanya mencapai peringkat bawah menengah di kelasnya. Juga lebih dari 50% usahawan yang menjadi jutawan tidak pernah selesai kuliah. Apa yang memungkinkan orang-orang itu mencapai hal-hal besar? Jawabannya adalah semangat! Ya ... semangat!

1. Semangat adalah langkah pertama menuju prestasi
Hasrat kita akan menentukan takdir kita. Hasrat yang kecil akan mendatangkan hasil yang lemah, sama seperti api kecil menciptakan panas yang kecil. Semakin besar api semangat kita, semakin besar hasrat kita, dan semakin besarlah potensi kita.

2. Semangat meningkatkan kehendak kita
Semangat adalah bahan bakar pendukung kemauan. Jika kita menginginkan sesuatu tapi tidak bersemangat mencapainya, tak kan heran kalau kita akan seperti jalan di tempat (atau tidur di tempat?)

3. Semangat mengubah kita
Dengan semangat, kita niscaya akan berubah. Lebih fokus, lebih berdedikasi, pantang menyerah, dan seterusnya. Pribadi kita akan berubah dan berkembang.

4. Semangat menjadikan hal yang mustahil menjadi mungkin
Kita bisa lihat para atlit yang berjuang mati-matian dalam pertandingan. Dulu tidak terbayangkan rekor lari 100 meter bisa di bawah 10 detik. Ternyata dengan semangat dan perjuangan yang membara, hal ini menjadi suatu kenyataan.

Apakah hidup kita penuh semangat? Apakah anda bangun tidur dengan antusias menghadapi hari baru? Menurut Maxwell, jika anda tidak penuh dengan semangat, anda mengalami masalah sebagai pemimpin. Anda tidak mungkin memulai api di dalam organisasi anda kecuali ada api di dalam diri anda sendiri.

No comments: