Wednesday, February 22, 2006

Seni (menikmati hidup)


Picture from National Geographic


Ketika satu tahun yang lalu saya mulai menikmati hobi baru (tapi lama), yakni mendengarkan musik, saya mendapatkan pencerahan baru. Ternyata dengan peralatan yang baik, banyak hal baru yang muncul. Musik itu ternyata bisa dinikmati dan diresapi sampai dalam, dan tidak sekedar suara-suara yang mengiringi kita beraktivitas. Musik pun ternyata bisa 'hadir', kita seakan-akan bisa melihat sang penyanyi, gerakan bibirnya, desah nafasnya. Begitu juga sang gitaris, pemain drum, bass, dan seterusnya. Keindahan dan kenikmatan itu begitu nyata dan detil. Kita pun mau tak mau menghentikan seluruh aktivitas kita, mencurahkan seluruh panca indera, dan menikmati satu-persatu nada yang keluar.

Salah satu pesan Jeffrey J Fox dalam bukunya, How to Become CEO, ialah temukan hobi baru setiap tahun. Kenapa? Dengan begitu wawasan kita semakin luas sehingga kita dapat bergaul dengan berbagai jenis orang dengan latar belakang yang berbeda-beda.

Berdasar pesan di atas, saya memutuskan tahun ini untuk memulai hobi baru (yang sebenarnya hobi lama juga hehehe). Apa itu? Fotografi alias foto-memfoto. Selama ini saya memang senang mengambil foto, tapi biasanya cuma modal point and shoot ... :) So, kalau mau serius ya harus belajar macem-macem seperti ISO, depth of field, aperture, weleh macem-macem dah ... hehehe

Sambil belajar saya pun mulai buka-buka majalah Digital Camera versi PDF - dapet dari internet .. :-P - dan saya pun tercengang-cengang melihat foto-foto yang ada di majalah ini. Foto-fotonya begitu indah, detil, hidup, nyata. Seperti mendengarkan musik, saya pun bisa lenyap dalam kenikmatan melihat foto-foto itu. Padahal sebelumnya, foto bagi saya adalah foto. Lihat 1-2 detik, menikmati komposisinya, dan selesai sampai di situ.

Dari 2 pengalaman ini, saya pun teringat pada saran Arvan, nikmati hidup ini! Jangan melakukan beberapa pekerjaan pada saat yang bersamaan, perlambat irama kerja agar prosesnya bisa dinikmati, hidup itu indah - jangan dibiarkan lewat begitu saja. Inilah persis yang saya rasakan ketika mendengarkan musik maupun melihat foto-foto ....

Ternyata banyak sekali keindahan dalam hidup dan kehidupan ini yang selama ini kita sia-siakan. Janganlah kita bicara mengenai interaksi kita dengan orang yang nota bene pasti lebih bervariasi dan 'hidup', benda-benda mati yang ada di sekeliling kita pun bisa memberikan kenikmatan dan keindahan, jika saja kita mau berhenti dan menikmatinya satu-persatu. Ya ... satu persatu ...

Dari musik ke foto, masih banyak lagi hal yang bisa dijelajahi dalam hidup ini. Bertanam, memelihara binatang, mengoleksi barang, dan banyak lagi yang masing-masing jika dilakukan secara 'benar' akan memberikan keindahan dan menyegarkan hidup kita. Sayang kita sebagai manusia suka cenderung untuk terburu-buru dan mengabaikan hal-hal ini.

Satu hal lagi, saya pun teringat pada Sang Pencipta yang menciptakan ini semua. Sungguh Ia Maha Agung, begitu banyak ciptaanNya yang mampu menghiasi hidup kita. Sehebat-hebatnya musik itu, senyata-nyatanya foto itu, takkan sanggup menyamai aslinya. Apalagi Sang Penciptanya ...

Sooo? Ya ... hidup ini indah lho ... coba deh kita sama-sama nikmati dan syukuri ... :)

No comments: