Monday, February 20, 2006

Ulang Tahun


Picture from http://www.awesomecreations.net/


Urusan ulang tahun ini menarik. Kenapa menarik? Ya, kenapa orang merayakannya? Sama seperti tahun baru, kenapa kita merayakannya? Mungkin anda tidak sependapat dengan saya ... that's OK, tokh saya cuma mau berpendapat soal ini ... seperti kata Gus Dur, "Gitu aja repot ..." Hehehe ...

Dalam Islam setahu saya tidak ada ajaran untuk merayakan ulang tahun. Saya pun dibesarkan di keluarga yang tidak memiliki tradisi/kebiasaan ini. Biasanya kalau ada yang berulang tahun, pagi harinya nasi putih untuknya untuk sarapan akan berhiaskan 1 buah telur rebus bulat. Berdoa sama-sama plus dinasehati ... and that's it. Tidak ada yang istimewa, hanya berhenti sejenak untuk bersyukur akan yang sudah lewat dan bersiap untuk yang akan datang.

Kalau nggak salah saya pernah membaca puisi (?) yang liriknya mengatakan hidup ini seperti berkelana di padang pasir mengendarai unta. Semakin lama semakin jauh dari kehidupan dan semakin mendekati kematian ....

Mungkin inilah cara pandang saya melihat dunia ini. Ulang tahun adalah pertanda, peringatan, petunjuk bahwa kematian semakin datang. Semakin jauh berjalan, semakin sedikit kesempatan dan usia kita untuk mencapai tujuan hidup kita.

Dalam bekerja, kita sering mengerjakan tugas. Tugas dengan sasaran yang jelas yang harus diselesaikan dengan waktu tertentu. Bagaimana dengan hidup ini, apakah kita punya sasaran yang jelas? Apakah kita sudah menentukan waktu untuk menyelesaikan sasaran itu? Tahukah kita bahwa berbeda dengan tugas di pekerjaan sehari-hari, waktu yang kita tentukan bisa molor 30 tahun, 10 tahun, tapi bisa juga harus tahun ini, atau bahkan besok kita sudah dipanggil olehNya?

Kalau sudah begitu, apakah kita akan bersenang-senang dan merayakan setiap kali kita berulang tahun? Atau sebaliknya, kita semakin tekun 'bekerja dan bekerja' agar kita bisa semakin dekat dengan tujuan hidup kita?

Tentunya, sebagai seorang manusia kita memerlukan istirahat dan waktu bersantai. Kita pun harus bersyukur atas perjalanan yang telah kita lalui. Namun ini berarti langkah selanjutnya adalah kembali menekuni tujuan akhir hidup dan bagaimana usaha-usaha kita mencapainya ...

Tapi sudahlah, setiap orang memiliki pendapat dan alangkah baiknya jika kita bisa saling menghargai pendapat orang lain. Terima kasih banyak kepada teman-teman yang mengucapkan selamat ulang tahun ... saya percaya akan ketulusan niat teman-teman ... doa'kan saya ya agar tetap bisa ikhlas dan sabar dalam hidup ini ... :)

1 comment:

Anonymous said...

Selamat ulang tahun, pak. Semoga selalu diberi ikhlas dan sabar yang melimpah ruah..

JaF
http://jaf.suarane.com