Wednesday, February 15, 2006

Persahabatan ala Seinfeld


Photo taken from http://www.tvblanket.com/seinfeld_tv_show.html


Buat yang se-umur-an dengan saya harusnya tahu serial film ini di TV tahun 90-an. Kalau membaca ulasan di beberapa media, salah satu alasan serial ini terkenal karena 'show about nothing'. Betul juga, karena yang diceritakan adalah kehidupan sehari-hari yang kalau dipikir-pikir ya ... cuma bercerita tentang hiruk-pikuk kehidupan Jerry, Elaine, George, dan Kramer. Tapi kenapa orang tertarik menontonnya. Menurut saya karena lucu dan kombinasi perilaku keempat orang ini memang sangat menghibur. Memang harus diakui sebagian (besar) leluconnya biasanya tidak jauh dari urusan s*x, ya ... begitulah kehidupan di Amerika.

Tapi kali ini saya tidak mau mengulas serial ini. Saya sebenarnya tertarik dengan kombinasi 4 orang dengan karakter yang berbeda. Kramer yang penuh dengan aksi, emosional tapi hangat, George yang selalu pesimis tapi tidak pernah mau mengalah/merugi/melepaskan kesempatan, Elaine sebagai satu-satunya wanita dan pernah punya hubungan erat dengan Jerry, dan Jerry yang berperan sebagai 'tuan rumah' dalam serial ini. Jerry adalah komedian yang sukses, Elaine punya pekerjaan tetap, George pengangguran(?), sementara Kramer selalu berbisnis ... gelap?

Apa bisa ya dalam kehidupan sehari-hari ada persahabatan yang demikian erat di antara 4 sosok yang saling bertolak belakang ini? Kenapa mereka bisa menjalin persahabatan? Apa yang mengikat mereka? Apakah karena semuanya jomblo? Atau selalu jadi loser dalam hidup ini? Atau karena memang persahabatan sejati bisa menembus segala perbedaan dan kekurangan?

Memang keempat orang ini adalah tokoh khayalan. Tapi siapa tahu dalam kehidupan nyata ada persahabatan seperti ini. Persahabatan yang tulus ikhlas, yang sanggup menjadi pengikat di antara mereka ...

Kalau ada, kita pantas belajar dari mereka. Kita masih sering 'melihat' orang dari berbagai sudut, entah dari pakaian, fisik, latar belakang pendidikan, kehidupan sehari-hari, jabatan, hobi, dan seterusnya dan seterusnya. Kita cenderung sulit untuk melepaskan diri dari berbagai ukuran itu dan terbiasa untuk menjadikan salah satunya (atau bahkan lebih) sebagai kriteria ....

Ada nggak ya persahabatan seperti di Seinfeld di kehidupan sehari-hari?

1 comment:

Anonymous said...

Wah, asyik ya berteman dengan berbagai macam karakter.. Sayang aku ga sempet nonton seri ini Zuki..

Btw, happy valentin ya..