Monday, September 04, 2006

Buku dan membaca

Tumpukan buku ...


Ketika kamu menjual sebuah buku kepada seseorang, kamu tidak menjual sebuah benda seberat 12 ons, yang terdiri dari kertas, tinta, dan lem. Kamu telah menjual untuknya sebuah hidup baru - Christopher Morley, Penulis Amerika.

Apa isi rumah anda? Perabotan elektronik? Keramik dan guci-guci? Atau lapang santai? Atau dijejali dengan tumpukan berbagai buku? :). Kalau yang terakhir, berarti kita satu perguruan hehehe .... di rumah saya, alhamdulillah, kemana mata memandang, di situ ada buku. Entah buku serius, komik, majalah, buku anak-anak, buku agama, buku travelling ... eh buku komputer kok malah nggak ada ya? Namun yang pasti, buku ... buku ... dan buku ... :)

Meski sudah berulang kali diceritakan istri (dasar bandel) baru minggu saya 'ngeh' kalau di seputar Kober Depok (jalan dari Margonda ke UI) itu ada cukup banyak kios buku. Yang dijual macam-macam, mulai dari buku-buku baru seperti di toko buku tapi dengan diskon 20% atau lebih hingga buku-buku bekas, majalah, buku anak-anak dan lain sebagainya.

Akhir minggu kemarin saya mencari kamus bahasa asing dan oleh istri 'digeret' ke lokasi ini dengan anak-anak. Kaget juga .... aduh, tahu begini dari dulu sudah saya jelajahi. Hati bergetar, mata jelalatan, tangan sibuk meraih ke sini dan ke situ, dan mulai berfikir, "Beli nggak ya .... beli nggak ya ...". Sayang kamus yang dicari nggak ketemu, sehingga saya belum bisa membulatkan tekad untuk beli ... beli dan beli!!

Hari Minggu kemarin akhirnya kami ke sana lagi. Eeeee ... hari Minggu rupanya pada tutup, mengikuti jadwal mahasiswa UI. Nggak jadi lagi deh ... padahal semangatnya udah memuncak begini ... :-P

Ada kesempatan mau ke sana lagi ah, naik sepeda, bawa kamera, jepret-jepret dan beli buku ... duhai, nikmat sekali ... hehehe

2 comments:

Diah Utami said...

Wah, jadi ingat nih. Saya sendiri sudah jarang nyambangi toko buku. Sekalinya ke toko buku, jadi 'gila' karena pengen bela-beli segalaaa macam buku. Banyak yang baru, dan kelihatannya bagus-bagus. Jadi pengen beli semua... haha...

Imponk said...

dulu, pernah membaca sebuah artikel tentang barang-barang yang tidak perlu beli baru --artikel dalam bahasa inggris. salah satunya adalah buku. di sana di jelaskan bahwa lebih utama dari buku adalah isi. jadi tidak perlu beli baru.
jika beli baru mahal, alternatif lain adalah beli buku bekas. buku terakhir ini tidak mengurangi satu derajat dari aslinya.