Tuesday, October 31, 2006

Big Bang Internet (bagian 1)

Suasana di bawah Eiffel


Sudah sering orang bicara tentang perubahan yang terjadi karena adanya internet. Sudah banyak buku, tulisan ditulis mengenai ini. Namun entah kenapa baru tadi saya perlahan-lahan sadar akan dahsyatnya perubahan yang terjadi ... agak memalukan ... :(

Tentunya kita tahu dengan adanya internet arus informasi jadi terbuka lebar. Website, email, chatting, video conference, IP-Phone, dan banyak lagi teknologi yang sudah jadi makanan sehari-hari.

Di tahap selanjutnya, kita lihat banyak perusahaan dot-com. Banyak memang yang gulung tikar. Namun banyak pula yang sukses. Google salah satu contohnya. Padahal apa sih yang dijual? Cuma search engine?

Kita lihat juga perkembangan dunia open-source yang dimotori Linux yang juga meledak. Setiap orang bisa memperoleh piranti lunak, mengembangkan, tukar-menukar, dan seterusnya dan seterusnya. Tanpa perlu tenaga kerja, tanpa perlu peraturan-peraturan ketat, Linux berkembang sedemikian dahsyatnya.

eBay, Amazon jadi fenomena tersendiri. Perusahaan-perusahaan di Cina misalnya memanfaatkan betul eBay untuk berjualan, mendobrak batas negara dan hukum. Kita pun bisa beli barang bekas dari California misalnya dan dikirim ke Jakarta.

Game online adalah fenomena lain. Bertempur di dunia maya, menjadi makhluk ajaib dengan kesaktiannya, atau sampai pada kegilaan bermain SIMS (sudah pernah mampir ke komunitasnya? Saya sih belum ... hehehe)

Blog, flickr, friendship, multiply, banyak lagi adalah salah satu media berkomunikasi. Kalau untuk jual-beli namanya marketplace, kalau ini apa ya? Terus Nepster, Limewire, bitTorrent, iTunes .... walah ...

Rasanya masih banyak yang terlupa. Yang jelas semua di atas ini belum apa-apa. Semua hal di atas adalah hal-hal tradisional. Banyak hal baru, terobosan luar biasa, kreativitas yang tidak terbayangkan oleh saya sama sekali ...

1 comment:

Anonymous said...

Wah... kalau nggak ada tulisan bang Zuki ini, saya nggak bakalan merasa bahwa saya hanyalah sebuah 'dot' di tengah gelombang big bang internet ini. Di antara komunitas teman di tempat kerja, saya rasanya sudah cukup tahu serba sedikit seluk beluk berselancar di dunia maya. Standar sih... buktinya, blog saya masih 'sepi' dari berbagai aksesori, padahal ingin sekali nambahin berbagai pernak-pernik. Nanti-nanti-lah. Slowly but sure.