Tuesday, October 03, 2006

Tahap kedua Ramadhan

Lorong


Seperti kita tahu bulan Ramadhan dibagi menjadi 3 tahap spesial. Sepuluh hari pertama, tahap pelimpahan rahmat, 10 hari kedua tahap pengampunan, dan 10 hari ketiga tahap dimana setiap umat Islam dijanjikan akan terbebas dari api neraka.

Tidak terasa, kita sudah masuk tahap kedua. Ini adalah hari ke-11. Sedih juga rasanya 10 hari sudah berlalu. Sudah optimalkah kita di sepuluh hari kemarin? Apakah kita sudah melebur dan menikmati bulan yang indah ini? Bagaimana kualitas iman dan ibadah kita, apakah sudah dan makin meningkat? Semoga Allah memberkahi apa-apa yang telah kita usahakan di 10 hari pertama ini, amien ...

Memandang ke depan, sudah siapkah kita menyambut 20 hari yang tersisa? Jangan sampai ada detik yang terbuang untuk hal-hal yang tidak perlu. Sudah cukup disiplin kah kita? Sudah makin fokuskah kita?

Apakah kita sudah menyelesaikan masalah-masalah dunia yang justru biasanya makin banyak? Beli baju lebaran, kue lebaran, acara buka puasa, persiapan mudik, dll, dll yang bisa membuat kita lupa pada hikmah sebenarnya dari bulan ini.

Mari, sama-sama kita tingkatkan disiplin diri, meluruskan niat, dan berkonsetrasi penuh pada 20 hari terakhir ini. Semoga berkah ....

1 comment:

Anonymous said...

Amien. . . .
Tujuan Hidup manusia adalah: Hanya untuk Ber Ibadah kpd Allah swt.