Wednesday, March 07, 2007

Pasar Loak Jalan Surabaya

Parkir


Akhir minggu kemarin akhirnya saya bisa menyempatkan diri mampir ke pasar loak ini. Udah lama kepingin mampir, kepincut karena ada yang bilang banyak yang jual piringan-piringan hitam bekas di sini.

Pasar ini ada di satu sisi sepanjang Jl Surabaya. Naik mobil bisa parkir di sepanjang jalan ini. Kalau motor/sepeda mah nggak masalah. Naik kereta juga bisa, turun di Cikini untuk kemudian jalan kaki sekitar 5 menit. Saya kemarin dari Kota naik kereta, salah turun. Turunnya di Gondangdia, jadi jalan kaki sekitar 20 menit baru nyampe pasar ini ... :-P

Dari arah Gondangdia, pasar ini isinya pedagang barang antik seperti patung-patung, keramik, hiasan rumah, sampai barang-barang aneh seperti alat pengatur kecepatan kapal laut, peralatan kapal selam dan banyak lagi. Bingung juga, kalau ada yang beli, mau pasang di mana ya? Yang pasti melihat banyaknya patung saya mulai 'mabuk' hehehe ... belum lagi melihat hiasan-hiasan kuningan yang dilap sedemikian mengkilat sehingga di mata saya seperti barang palsu. Atau setidaknya menjual/memajang kepalsuan ... sinis banget ya ...

Setelah barang antik yang mengisi pasar sekitar 60%, yang berikutnya adalah pedagang tas. Koper, tas kerja, tas tangan, tas pesta, dan banyak lagi. Saya nggak terlalu memperhatikan, yang pasti mereka ada sekitar 30% dari keseluruhan komunitas pasar.

Apa yang 10% lagi? Penjual piringan hitam dan CD/kaset bekas. Masuk ke tempat jualan piringan hitam, kok suaranya kurang sreg ya ... apa karena alat yang dipakai cuma ala kadarnya. Nuansa analognya nggak kerasa sekali ... :)

Akhirnya saya terdampar di satu toko CD dan kaset bekas. Aduh ..... koleksi CD Jazz banyak dan jarang ada di Indonesia lho! Mabuk kepayang deh saya di situ hehehe .... lihat-lihat, kebanyakan CD nya buatan luar negeri, kondisi masih bagus, dan harganya sekitar 50% harga aslinya. Borong deh jadinya ... hehehe .... Oscar Peterson - Oscar in Paris, Antonio Carlos Jobim - The Girl from Ipanema, Bill Evans Trio - Turn Out the Stars, Dave Brubeck - Solo Piano, dan Pink Martini - Sympathique. Masih banyak lagi yang lain, saya harus tutup mata. Kalau nggak tambah kalap hehehe ...

Hmm .. jelas satu tempat yang harus saya rutin datangi untuk mencari koleksi CD-CD ... :)

6 comments:

bitiqe said...

wah kapan ya saya bisa dapat kesempatan untuk hunting koleksi jazz dipasar loak....seru banget ya bang zuki!

Anonymous said...

Iya bang, saya ingat juga sewaktu masih muda,,, he he he,, enggak merasa tua juga sih....Nyari priringan hitam yang 'oldy' dapet juga disana. Nah kalau dapet CD jazz juga, pengen tuuuuh. cari yang DDD kalo ada....TJ.

Anonymous said...

Hubungin saya di 06177009026 dan via email denny_sk8@yahoo.com

saya punya 58 keping PH berbagai jenis musik ada termasuk titi sandora..

minat?

segera hubungin saya!
denny

sudianto_drg said...

hi piringan hitamnya masih ada>?terimakasih

zuki said...

Pak Sudianto, ini nanya ke mas Denny ya? Sok atuh kontak aja via email/HP. Kalau mau cari di Jl Surabaya, langsung aja pak ke sana ... biasanya selalu ada kok .. :)

DDJ said...

pengen cari piringan hitam wat dipake nge-DJing...........