Thursday, March 22, 2007

Sedang Susah?

Fatahillah Museum, it’s Dome


Sang penceramah dalam kuliah subuh yang saya ikuti via radio sambil berangkat ke kantor memberikan 3 tips yang sederhana namun bermanfaat kalau kita sedang susah ...

Yang pertama, segera kunjungi orang yang susah. Orang yang terkena bencana, perkampungan para pemulung, rumah-rumah liar di sepanjang jalan kereta, sampai mengunjungi rumah sakit melihat orang-orang yang menunggu dioperasi, sedang sakit keras, wajah-wajah di ICU dan lain sebagainya. Mudah-mudahan dengan melihat ini semua, kita akan bersyukur karena apa yang sedang kita hadapi tidak ada apa-apanya dibandingkan kesulitan orang lain.

Yang kedua, beliau merangkai sebuah kata-kata mutiara, "Jangan lihat bintang, tapi lihat kerikil di tanah". Maksudnya jangan sibuk melihat orang yang berada 'di atas' kita tapi justru sebaliknya. Punya kendaraan sering mogok, jangan lihat tetangga yang bersliweran dengan mobil barunya, tapi lihatlah para pedagang sayur yang tetap ceria dengan gerobaknya, tukang somay dengan sepedanya, atau mbak jamu yang tetap bersemangat menggendong bakul jamunya.

Yang ketiga, segera bersedekah. Percaya atau tidak, kata beliau, dengan berbagi, hati yang tadinya kosong justru menjadi penuh. Melihat wajah orang yang berseri karena pemberian kita, celoteh gembira anak-anak yang menerima sedekah kita, percaya atau tidak, hati kita akan terisi oleh perasaan haru, gembira, dan rasa syukur.

Jadi ... anda sedang susah? Ini ada obatnya .... mujarab lho ... :)

11 comments:

Anonymous said...

SETUJU bangeeet! Apalagi yang namanya sedekah,,,,ini mukzizat yang sering dilupakan dan efeknya LANGSUNG! Percayalah.....TJ

linda said...

makasih pak utk obat mujarabnya :)
btw, itu foto museum fatahillah ya pak?

T A T A R I said...

terimakasih banyak untuk obat mujarabnya pak...
tengkyu berat !!!

sachroel said...

fotonya keren2 bang...

Minarwan (Min) said...

Betuwl, betuwl, obatnya memang mujarab Pak Zuki. Cuman saya pikir mesti hati-hati juga (terutama yang lihat orang susahnya), nanti kesannya jadi seperti ini:

"Terima kasih ya Tuhan aku enggak sesusah mereka!"

Wah kalau gini kan jadi kesannya bersyukur karena orang lain lebih susah hihihi....:D

zuki said...

@linda: iya, ini koleksi komplitnya ....
http://www.flickr.com/photos/zuki12/sets/72157594576127037/

Vaye said...

Wah tulisannya kena bgt neh.
makasih Pak, insya ALLah Tokcer :)

CUPI said...

apa kabar bang ... :)
obatnya manjur ..

Diah Utami said...

Cuma mengganjilkan aja (bukan menggenapkan, karena komentarnya uadh 8), obat emang nggak boleh banyak-banyak ya. Tiga aja, tapi mujarab! Bismillaah, semoga yang sakit-sakit cepat sembuh. Amiin.

Fluffy's Mom said...

Bennnerr banget Bang, obat ini sudah terbukti manjurr!!!

NiLA Obsidian said...

makasih Mas...insya allah pasti saya praktekkan....