Tuesday, November 15, 2005

Setiap Habis Ramadhan

Lewat sudah bulan Ramadhan. Tiada terasa. Setelah hiruk pikuk Idul Fitri, akhirnya kita kembali ke ritme sehari-hari. Buat yang masuk kantor, sudah mulai ke kantor. Yang sekolah, mulai lagi buka-buka buku. Yang berdagang, mulai lagi membuka toko dan warungnya. Yang sibuk mengurus rumah tangga, kembali bebenah seusai kesibukan selama 1-2 bulan terakhir.

Namun ada yang hilang .... kesibukan kita mengejar ibadah. Sibuk mengejar target bacaan Al Qur'an. Sibuk menyiapkan diri menjelang saat-saat sholat. Suasana bergegas seusai berbuka puasa, yang diteruskan dengan sholat magrib, dan kemudian bersiap-siap untuk sholat Isya dan Tarawih. Malam-malam yang diisi dengan pendekatan diri padaNya, suasana letih dan ngantuk yang mewarnai saat sahur. Suasana siang di kantor, jam istirahat yang bisa digunakan untuk membaca ayat-ayatNya, untuk tafakur dan refleksi, hingga untuk beristirahat sejenak untuk kemudian kembali mengejar akhirat dan dunia ini.

Buat saya kesibukan ramadhan sungguh nikmat. Memang melelahkan, namun berbagai ritual yg kita lakukan mampu 'memabukkan' saya, merubah fokus kehidupan selama 11 bulan yg disibukkan oleh urusan duniawi.

Di bulan penuh rahmat ini saya bisa penuh berkonsentrasi, 'membuang' berbagai urusan yg lain, dan bersenang-senang dan bergembira dengan berbagai ibadah kepadaNya.

Di minggu terakhir ramadhan saya mendapat tugas keluar kota. Boleh dibilang kini saya sekarang menyesal mendapat tugas ini. Irama yg telah terbentuk, kenikmatan yg semakin memuncak, mendadak terganggu dan terputus ...

Namun kalau ditanya, apa mau seluruh tahun itu ramadhan. Wah, nggak tahu, mungkin badan nggak kuat. Tapi kalau diingat-ingat nikmatnya .... aduh enak banget ...


Setiap Habis Ramadhan
Bimbo

Setiap habis Ramadhan
Hamba rindu lagi Ramadhan
Saat - saat padat beribadah
Tak terhingga nilai mahalnya

Setiap habis Ramadhan
Hamba cemas kalau tak sampai
Umur hamba di tahun depan
Berilah hamba kesempatan

Setiap habis Ramadhan
Rindu hamba tak pernah menghilang
Mohon tambah umur setahun lagi
Berilah hamba kesempatan

Reff:
Alangkah nikmat ibadah bulan Ramadhan
Sekeluarga, sekampung, senegara
Kaum muslimin dan muslimat se dunia
Seluruhnya kumpul di persatukan
Dalam memohon ridho-Nya

2 comments:

dinasony said...

iya nich bang, biasanya habis zuhur baca qur'an, sekarang tidur di musholla kantor :)

igunone said...

Halo bang Zuki, mohon maaf lahir batin ya. Yg pasti kalo habis ramadhan itu baju jadi agak longgar dan badan InsyaAllah lebih enteng baik dari lemak dan dosa .. *hehe*..