Tuesday, November 22, 2005

Proaktif

Melanjutkan seputar pemikiran saya soal remote control, kita tentunya kenal dengan istilah proaktif. Stephen Covey mengatakan kalau kalau pengertian proaktif itu tidak sekedar dalam hal kebiasaan mengambil inisiatif, namun kalau ditarik lebih dalam, berarti kita sebagai manusia bertanggung jawab atas hidup kita. Perilaku kita adalah hasil keputusan kita dan bukan hasil lingkungan kita. Kita menaruh nilai-nilai hidup di atas perasaan kita dan kita memiliki inisiatif dan tanggung jawab untuk mewujudkan sesuatu menjadi kenyataan.

Di sisi lain, orang yang reaktif adalah orang-orang tergantung pada situasi di sekelilingnya. Ketika orang-orang memperlakukannya dengan baik, ia pun baik. Ketika sebaliknya yang terjadi, ia akan menjadi defensif atau protective. Nilai-nilai hidupnya kerap 'kalah' dalam menghadapi berbagai situasi yang dialaminya.

Kemampuan untuk menaruh nilai-nilai hidup di atas segalanya inilah yang merupakan esensi proaktif. Orang yang reaktif hidupnya tergantung pada perasaannya, situasi lingkungannya, kondisi hidupnya. Sementara orang proaktif hidup berdasarkan nilai-nilai yang ia yakini dan percayai.

Gandhi pernah berkata "They cannot take away our self respect if we do not give it to them".

2 comments:

Anonymous said...

Setujuuuuuuuu!!!! :)
Udah, baca yg 8 habit belum pak ?? nambah satu lagi deh tu :p

Dini said...

nice thought, another new lesson, as usual... :)