Saturday, March 18, 2006

Toko CD di Pondok Indah Mall 2


Gambar dari http://www.educationuk.org


Weekend ini saya mencoba melihat-lihat toko CD di Pondok Indah Mall 2. Kata teman saya ada toko baru di sana, meski dia sendiri belum pernah mencoba memasukinya. Alhamdulillah saya sudah mencicipinya dan berikut adalah reviewnya ... :)

Pertama masuk Pondok Indah Mall agak gelagapan juga. Sudah terbiasa dengan Depok Mall atau ITC Depok yang biasa-biasa saja, masuk ke mall yang 'high-end' jadi agak rikuh ... hehehe ... dasar udik. Untung masih sepi (pagi hari) dan saya langsung mencari peta mall untuk menemukan lokasi toko-toko CD ini.

Ada 2 toko berdekatan yang terletak di lantai 3, Pondok Indah Mall 2, tidak jauh dari food court. Kalau berjalan dari food court, mereka ada di sebelah kiri. Melihatnya dari jauh, saya agak heran juga. Toko pertama, MusiKlub, sangat kecil dan terletak persis sebelum toko kedua, Societie, yang jauh lebih besar. "Apa bisa ya bersaing?" begitu guman saya dalam hati.

Sambil melangkah menuju kedua toko ini, hatipun bimbang ... "Hmmm apa langsung masuk ke toko kedua saja ya? Toko pertama kecil, percuma saja, buang-buang waktu ..." Tapi pikir punya pikir, coba deh dilihat sebentar nggak ada salahnya.

Toko MusiKlub memang relatif kecil. Penampilan pertama agak membingungkan. Saya lihat dari luar .... ada yang tidak lazim dengan toko ini ... (hehehe) ... disain toko, CD-CD yang terpampang di bagian depan, cara menampilkan (mendisplay) CD-CDnya .... sambil ragu-ragu saya pun melangkah masuk.

Lihat susunan CD-CD, hmmm ... disusun dalam alfabet. Sebagian CD kelihatannya usang ... semakin heran saja. Tapi di sisi lain, CD-CD yang dipajang menarik dan koleksinya sangat bervariasi. Ada juga DVD ... terus pelan-pelan saya jelajahi penampilan toko ini secara umum ... sampai akhirnya mata saya terbentur pada CD Balawan, salah satu gitaris terkemuka Indonesia. "Heiiii ... sudah lama saya mencari CD ini tapi tidak pernah ketemu di toko-toko CD biasa ..." Girang saya dalam hati. Langsung ambil satu.

Gara-gara si Balawan, akhirnya saya coba telusuri CD-CDnya secara perlahan, mulai dari alfabet A. Fuiiih ... ternyata koleksinya sangat mantap! Banyak sekali CD yang jarang saya lihat ada di toko ini. Terutama CD-CD tahun 60-90an. Mulai dari Aerosmith, Alan Parsons Project, Chris de Burgh, Dave Matthews, Art Garfunkel, Deep Purple (mereka ada CD Burn yang sudah di-remastering ulang). Banyak pula CD yang saya tidak tahu tapi kelihatannya musiknya menarik. Salah satunya adalah The Chieftains, grup musik Irlandia. CDnya merupakan remastering dari LP (piringan hitam) dan sewaktu saya coba dengarkan sangat fantastis!

Penjelajahan saya di toko ini berhenti pada huruf D, karena tidak terasa sudah ada 5 buah CD di tangan saya. "Wah ... musti berhenti .... lama-lama bisa kalap nih ..." kata hati saya. Meminjam istilah sang Terminator, "I'll be back!" demikian kata hati saya ... hehehe.

Setelah membayar, saya pun beranjak ke toko kedua. Hmm ... seperti memasuki restoran, saya pun bertanya dalam hati ... "Kali ini apa menunya?" :)

Di bagian depan toko ini, ternyata mereka sudah menyiapkan perangkat/sistem audio. CD Player, integrated ampli, kabel tebal, dan speaker mewah floorstanding. "Berapa ya harga sistemnya?" Tanya saya. Jawab penjaga tokonya, "82 juta pak ...". Hmmm ... let's see ... what kind of sound this 82 million rupiahs equipment can produce .." senyum saya dalam hati.

Berturut-turut mengalunlah suara Andrea Bocelli, Rod Stewart, dan Janet Seidel dari perangkat ini. Bagaimana suaranya? Vokal cukup bagus keluar, tapi selebihnya kalah dibandingkan sistem saya di rumah yang berkali lipat jauh lebih murah. Di rumah, cukup dengan speaker bookshelf suaranya jauh lebih detil, terpisah, hidup, dan tidak kalah garang dibanding sistem di toko ini.

Apa karena ruangannya yang menghadap keluar? Mungkin juga. Yang pasti di toko ini ada ruangan yang lebih 'aman' untuk mendengarkan musik. Mungkin lain kali saya mampir ke situ saya bisa coba rekomendasikan hal ini. Yang pasti tadi saya sempat kasih saran, "Mas, kalau mau dengar musik yang baru kita coba, mungkin amplinya perlu ditambah dengan ampli tabung, percaya deh suaranya akan lebih hangat dan hidup ..."
Mas-nya ngangguk-ngangguk ... mudah-mudahan percaya hehehe ...

Menelusuri toko ini, terus terang setelah dari toko MusiKlub, toko ini jadi terasa miskin karakter. Hanyalah susunan CD-CD saja, ada jazz, klasik, pop, dll. Kelebihan toko ini adalah pada sistem audionya yang mahal (meski kurang enak hehehe) dan penataan toko yang bergaya toko 'high-end'.

"Pak, mau coba sistem home theather kami?" tanya sang penjaga. Saya sempat melongok ke ruangannya (ada di bagian belakang) dan berkomentar,"Speakernya gede amat ..." Penjaganya tersenyum ... Dalam hati saya berujar, "Saya nggak terlalu minat, karena saya seumur hidup ini baru pernah beli DVD asli 2 kali, itupun pas diskon habis-habisan ..." :-P

So, apa rekomendasinya? Hmm kalau anda senang mengkoleksi musik, coba deh masuk ke MusiKlub. Tapi kalau anda mencari CD yang baru keluar, populer, dan mau coba dengar sistem audio 82 juta (hehehe) silahkan mampir ke Societie ... :)

PS. Dipikir-pikir saya mau juga nih disuruh ngereview toko-toko CD di Jakarta. Tapi mbok ya ada yang bayarin ... minimal untuk beli CDnya ... :)

9 comments:

ALFIAN said...

Tinggal di Depok ya Mas? Sama donk. Btw, gimana kabarnya? Sehat kan? Maen ke blog saya ya. Thx.

Anonymous said...

Hallo, Amangborunya Alya ;) Seru niy review an toko CD nya, jadi pengen ke sana juga.

Pst, kalo pesta buku gramedia dah tahu kan? tgl 30 maret-2 apr? Kalo sekarang si di semua gramedia sale up to 70%, tapi mesti ke matraman kaleee, biar lengkap. Semua gak kecewa keik di QB ya :)

Lili said...

Pak Zuki, hebat juga berani photo2 rak CD di mall.
Kadang2 ada satpam yg sok galak, kalau kita photo2 gituh suka deketin terus di sangkanya pembajak sawah...eeeh salah pembajak CD..ha..ha..bercanda deng pak...

Tatz Sutrisno said...

aku juga sering tuh lewat PI 1 dan PI 2, kalo lewat sana swasananya beda aja, kaku dan serasa bukan di Indonesia *kek yg udah pernah keluar aja hihihi..*
ke PI 1 cuma sampe gramedia aja, kalo PI 2 malah belum pernah, tapi tertarik juga sama toko CD yg kecil itu...kpn2 mampir ahh..

Dee Sari said...

Lho..tinggal di depok tho pa? waaahh agak tetanggaan nih :p
Blm numpang lewat lg nih pa Zuki? heuhe..

sofyan said...

Di MusiKlub enaknya lagi kita bisa pesan CD/DVD. Saya hampir 6-7 kali melakukannya. Tinggal kasih tinggal no.HP aja. Salam kenal.

Unknown said...

Ga pengkap juga ke-2 toko cd itu...kecewa...karena CD yang saya cari tidak dijual...:(

Unknown said...

hallo all...sdikit tambahan
mungkin bisa juga coba knjungi PIM 1
di situ juga ada toko sejenis...kao gk slah lokasinya naik 1 lantai dri gramedia...ada apa j d toko it...banyak...mulai dari pelaan toko sampe pengunjung yang cakep-cakep he he he...di toko itu banyak koleksi CD,DVD bahkan ada audiofill dan refill...mungkin bagi sound engineer sudah gk asing dengan yang namanya audiofill n refill...bagi anda yang butuh reperensi di bidang audio semisal recording,nah si udiofill ini patut jadi pilihan...krna kwalitasnya lbih ok dari yang lain...detail banget...

zev said...

hallo all...sdikit tambahan
mungkin bisa juga coba knjungi PIM 1
di situ juga ada toko sejenis...kao gk slah lokasinya naik 1 lantai dri gramedia...ada apa j d toko it...banyak...mulai dari pelaan toko sampe pengunjung yang cakep-cakep he he he...di toko itu banyak koleksi CD,DVD bahkan ada audiofill dan refill...mungkin bagi sound engineer sudah gk asing dengan yang namanya audiofill n refill...bagi anda yang butuh reperensi di bidang audio semisal recording,nah si udiofill ini patut jadi pilihan...krna kwalitasnya lbih ok dari yang lain...detail banget...