Friday, August 12, 2005

Kualitas Pemimpin Sejati (bagian 8)

Tulisan ini berdasarkan buku karangan John C Maxwell, The 21 Indispensable Qualities of a Leader. Tiada maksud untuk menulis ulang buku ini (takut kena urusan copyright hehehe ...), tapi lebih berupa ringkasan berdasarkan pemahaman saya .. :-O

8. Fokus: Semakin Tajam Fokus Anda, Anda Semakin Tajam

Jika anda mengejar dua ekor kelinci, keduanya akan lolos - anonymous

Bagaimana agar kita bisa memiliki fokus seperti layaknya seorang pemimpin sejati? Maxwell menulis bahwa kuncinya adalah prioritas dan konsentrasi. Prioritas tanpa konsentrasi akibatnya ialah kita tahu apa yang harus dilakukan tapi tidak pernah melaksanakannya. Sebaliknya, konsentrasi tanpa prioritas akibatnya usaha-usaha kita tidak terfokus pada hal yang seharusnya menjadi perhatian utama kita.

So, bagaimana menurut Maxwell untuk membangun fokus kita?

- Fokuskan 70 persen fokus anda pada kekuatan
Agak tidak lazim memang ya, but menurut Maxwell, kita harus fokuskan sebagian besar usaha kita pada kekuatan, keahlian kita.

- Fokuskan 25 persen pada hal-hal baru
Pertumbuhan sama pentingnya dengan perubahan. Jika kita ingin menjadi lebih baik, menurut Maxwell, kita harus terus berubah dan pada saat yang sama memperbaiki diri dengan memasuki bidang-bidang baru. Jadi ingat buku lain, How to become CEO karangan Jeffry Fox. Salah satu nasihatnya ialah Add One Big New Thing to Your Life Each Year!
Maxwell menutup saran ini dengan kata-kata, dalam kepemimpinan, jika anda berhenti bertumbuh, habislah riwayat anda.

- Fokuskan 5 persen pada kelemahan
Salah satu cara mengatasi ini menurut Maxwell ialah dengan mendelegasikannya pada orang yang kita tahu memiliki kelebihan di bidang ini. Dengan demikian kita dapat memfokuskan pada hal-hal yang menjadi keahlian dan kemahiran kita.

So apa saran Maxwell untuk melangkah maju?
- Perbaiki diri kita
- Perbaiki prioritas kita
- Bekerjalah di bidang yang menjadi kekuatan kita
- Bekerjalah dengan orang lain

No comments: