Friday, August 19, 2005

Musical Baton: Degung Sunda

Ada yang terlupa soal musical baton. Saya punya kumpulan degung Sunda, bonus dari majalah Audio Video. Ada sebanyak 8 lagu. Buat yang tahu degung Sunda, tentu tahu jenis musiknya. Suara kecapi, gitar, dan suling yang silih berganti mengisi ruangan dengan rasa yang bening dan tenang ...

Yang menarik ialah komentar orang ketika mendengarkan lagu-lagu ini:
- Istri, "Aduh 'meresap' banget nih ... damai ... tenang ..."
- Teman kantor, "Bang ... kok mendadak jadi di tengah sawah nih ....?"
- Teman kantor yang lain, "Lho ... kok jadi lapar ... serasa lagi di restoran Riung Kuring .... :-P"
- Teman kantor juga, "Bang ... ini mah lagi di tengah sawah. Lagi duduk-duduk di saung, ada nasi hangat, tempe goreng panas, sambal mentah, lalapan. Semuanya dinikmati sambil kaki turun ke bawah, main-main air di sawah ..."

Yang paling lucu adalah komentar orang kantor yang satu ini, "Gile ... gue sampe bingung ... ini bunyi degung dari mana ya? Cari-cari ... eh tahunya dari kamar orang Batak!" Hehehe .... belum tahu dia kalau saya penggemar berbagai jenis musik .. :-)

5 comments:

Dini said...

Punya koleksi lagu-lagu Sumatera Barat gak? Specially yang buat ngiringin tari-taraiannya, rampak gendang dan semacamnya... Subhanallah, itu salah satu koleksi favorit saya. Kalo degung Sunda saya juga ketularan mama jadi suka...

zuki said...

Batak ada nih ... sampe orang kantor geleng2x kalau saya putar hehehe ...
Lagi nungguin bonus berikutnya dari majalah Audio Video nih, janjinya mau ngasih musik-musik dari daerah-daerah lainnya.

Di Disc Tarra sebenarnya ada untuk beberapa daerah seperti angklung dll. Cuma ragu-ragu, takut kualitas rekamannya cuma seadanya.

alia said...

Pak Zuki, jangan kaget .....di pasar victoria market, pernah ada bule nyetel degung sunda dari mobilnya. Trus dia buru2 menghampiri kami dan bilang....Ini dari negaramu kan ? Jadilah suamiku serasa nutup toko di pasar tegalega :)

Fitra Irawan said...

Jujur aja, Bang Zuki tuh gak pantes jadi orang batak, kurang galak....:))hehehe

zuki said...

@alia: terus kangen pulang donk ya? Masih ingat bentuk mesjid Al Muqarrabin nggak? hehehe ...

@la-fitra: kurang galak? ada waktunya, tenang aja ... :-P