Friday, July 21, 2006

Catatan Wisata Kuala Lumpur (bagian 5)



Batu Caves
Pertama kali baca soal ini, rasanya keren banget. Apalagi lihat fotonya. Ternyata batu caves itu artinya dalam bahasa Indonesia gua batu hehehe ada-ada saja ...

Batu Caves ini terletak sekitar 12 km di luar kota KL. Naik taksi di pagi hari ke sana hanya butuh sekitar 30 menit dengan ongkos 12 RM. Ada apa di sini? Ini adalah tempat kuil (atau lebih tepat candi?) Hindu. Yang paling menakjubkan adalah adanya patung yang tinggi banget! Selain tinggi, buatannya halus dan berwarna kuning keemasan.


Ada 272 anak tangga yang harus kita lalui untuk mencapai gua-nya.


Di dalam gua ini banyak ornamen seperti gambar di atas dan juga kuil tempat umat Hindu melakukan aktivitas ibadahnya.


Ini adalah pemandangan dari atas. Cukup tinggi dan cukup ngos-ngosan untuk mencapai gua ini ...

Yang agak mengherankan ialah kita tidak dipungut biaya masuk ke tempat ini. Di sisi lain kebersihan tangga yang panjang ini masih bisa lebih baik. Saya cuma berfikir kalau setiap orang dipungut biaya ala kadarnya, mungkin hasilnya bisa digunakan untuk memelihara tempat ini lebih baik lagi.

5 comments:

Minarwan said...

Asyik betul yah Pak, candi/kuil seperti ini masih terpelihara dengan baik. Jadi obyek wisata yang mendatangkan pemasukan sekaligus menunjukkan ragam budaya di Malaysia.
Promosi yang baik untuk mereka.

Saya jadi ingat iklan wisata mereka di majalah National Geographic, "Malaysia, Truly Asia", katanya.

Omong-omong Pak Zuki waktu di sana jadi ngebandingin situasi kita dengan mereka enggak Pak? Biasanya kan gitu kita suka ngebandingin kalo jalan-jalan ke tempat orang :)

ranids said...

walaah tinggi amat yaaaa 272 anak tangga!! ngos2an bener deh!!
hmmm kalu jumlah tangga di pemakaman imogiri tuh brapa yak? :p

zuki said...

@cak min: udah dijawab ya di posting selanjutnya

@ranids: oooo ... coba sendiri lah ... yang pasti anak tangganya dikasih nomor, jadi bisa bandingin jumlah nafas yang tersisa dengan jumlah anak tangga yang masih harus dilalui :-P

B e t t i said...

Waktu saya kesana tahun lalu, patungnya belum jadi, ternyata jadinya keren juga.

Trus di pintu masuk sebelah kiri ada ticket boxnya, saya bayar tuh waktu kesana, tapi kalo orang2 India yang mau ibadah emang gratis.
Btw, monyet2nya masih banyak ngga?

zuki said...

Memang ada ticket box, tapi tanya ke situ, katanya nggak perlu bayar ... jadi ya langsung ke atas.

Monyet? Iya tuh kalau baca artikel di internet banyak monyet di sana. Tapi waktu kami ke sana nggak ada sama sekali. Agak mengecewakan juga hehehe ... lumayan kan ada obyek foto lagi .. :)