Sunday, July 23, 2006

Catatan Wisata Kuala Lumpur (bagian 6 - habis)



Taman Bermain dan lain-lain ...

Kami tidak pergi ke Genting. Selain memerlukan waktu 1 hari penuh, harga tiket masuk juga jadi pertimbangan. Sebagai penggantinya kami pergi ke Berjaya Times Square. Di pusat pertokoan ini ada taman bermain, Cosmo Theme Park, yang menurut brosurnya taman bermain di dalam ruangan yang terbesar di Asia.

Isinya memang cukup mengasyikkan, ada permainan untuk anak-anak dan dewasa. Yang dewasa seperti biasa rata-rata 'gila punya' sementara untuk anak-anak ada sekitar 7 permainan. Lumayan untuk menemani anak-anak main di situ butuh waktu sekitar 2-3 jam.


Suasana salah satu kios di Central Market

Kemana lagi kami pergi? Toko buku sudah pasti (Kinokuniya dan Borders), toko CD (di KLCC), berburu baju muslim di Jalan India (kami sempat juga ke Lorong Tuanku Abd Rahman di Sabtu sore - rame banget rek!), memutari Sungei Wang Plaza, dan Central Market tentunya.

Sempat juga berburu toko buku loak di Bricksfield di daerah KL Central berdasarkan panduan Lonely Planet. Cuma sampai sana nggak ada yang tahu toko buku itu dan sempat kehujanan juga ... :)


Bagaimana soal makan? Agar hemat, kami selalu mencari food court. Rata-rata harganya 5 RM plus minum 2-3RM. Saya sendiri kalau pagi biasanya lari seputar hotel sekalian cari sarapan dan 'kios kaget' seperti di atas banyak sekali di seputar hotel. Cukup 2.5RM untuk nasi lemak telur dan 3RM untuk nasi lemak ayam ... :-P

Seperti halnya Singapore, bepergian di Malaysia artinya perjalanan kuliner juga. Nasi lemak, nasi ayam, nasi campur, nasi briyani, berbagai model nasi goreng, bakso ikan, kebab, tom yam, roti cane, roti cane dengan telur, murtabak, laksa ... wah jadi menetes air liur hehehe ... dan seperti biasa pula kalau sudah beberapa hari makan model begini saya biasanya kepingin sayur bening dan tempe goreng, yang biasanya nggak ada yang jual .. :-P


Cak Min bertanya, bagaimana suasana masyarakat di sana? Mau tak mau memang kita harus akui kita ini bangsa yang ramah tamah. Di KL, orang cenderung lebih cuek.

Yang lucu sewaktu di Cosmo Theme Park anak saya yang kecil sempat 'dikerjai' petugasnya. Dalam satu permainan tinggi dia hampir tidak memenuhi tinggi minimum. Sang petugas itu memanggil anak saya (untuk memeriksa tingginya) dingin sekali. Saya sendiri sempat agak takut, kirain melakukan kesalahan. Ternyata ... dia cuma mau ngecek tinggi anak saya. Ada-ada saja ....

===
So, menarikkah wisata ini? Jawabannya ya. Cukup banyak yang bisa dilihat, bisa mencicipi banyak makanan, dan yang penting biaya transportasi dan makan relatif murah!

12 comments:

Lili said...

Alhhamdulillah...waaa asyik deh yg ke negeri Jiran.

Lengkap banget laporan liburannya....

Photo2nya bagus2 pak, bener deh..

bahagianya bisa pergi liburan dgn seluruh keluarga....

Vaye said...

weleh baca dr chapter 1-6 jadi ngiler pengin plesiran juga he he

Anonymous said...

hallo kang zuki salam kenal dari spy actionnya boleh juga tu

T A T A R I said...

si bapak yg satu ini yah..bikin akyu pengen jalan2 ke negrinya siti nurhaliza aja...
mau kesana lagi gak pak??kan siti mo merit

*apa hubungannya coba?!*

Anonymous said...

Bang Zuki,mhn sarannya nih. Tgl 11 Aug aku+suami+anak(6)+anak(2)mau ke KL.Ikut air asia jg. Smp KL jm 16.10. Plg tgl.14 Aug,berangkat dari KL jam 13.15. Tujuan yg "kudu" kami datangi: Genting,Berjaya,Petronas n Central Market. Suggestion-nya dong nginap di mana n mending ke mana dulu. KL or Genting? Terus di KL hotel yg cukup Ok tp gak gitu mahal apa? Is Royale Bintang OK? Dekatkah dia dengan Petronas dan Berjaya? Thx....

zuki said...

Waduh, kok saya jadi expert KL dan nanya di comment begini hehehehe ... but OK saya coba.

Tentang hotel saya nggak bisa kasih rekomendasi tp Royale Bintang cukup dekat dengan stasiun kereta Imbi dan Berjaya Times Square (5 menit jalan kaki). Kalau ke Petronas bisa naik kereta (sekali pindah di KL Central) atau naik taksi (4-5 RM, cuma pulangnya bisa 8-10 RM karena sudah jadi turis hehehe ...).

Ini saran saya untuk jadwalnya:
11 Agu - sampai hotel ~7 malam, paling cari makan di Berjaya (ada food court), kalau masih ada tenaga bisa ke Borders atau toko-toko di situ.
12 Agu - Genting (1 hari penuh), kalau pulang belum terlalu sore bisa ke Central Market. Makan malam bisa di Central Market, di Berjaya, atau seputar hotel (banyak kios makan)
13 Agu - Petronas. Yang mau dikunjungi Petrosains atau mau sekalian Twin towernya? Kalau twin towernya kaya'nya musti antri tiketnya 1 hari sebelumnya, apalagi weekend begini. Kalau hanya Petrosains, setelah dari sini bisa putar-putar KLCC. Siang plg ke hotel, istirahat, atau langsung ke Central Market. Alternatif lain ke Jalan India (belanja baju dkk) atau Batu Caves.
14 Agu - siap-siap balik ke Jkt, perlu 1 jam lebih dari KL ke airport.

Dalam kota taksi paling 4-5 RM, Batu Caves 13 RM (cuma pulangnya musti hati-hati milih taksi, kalau bisa jangan yang di dalam kompleks Batu Caves).

Selamat jalan en ditunggu ceritanya .. :)

zuki said...

eh kelupaan satu, nanti oleh-olehnya tolong dikirim ya ... :-P

CUPI said...

di KL ada batik ngak ya ;)
kalo ada pasti bang zuki borong batik :)

zuki said...

batik? ada dong ... cuma kalau bersama keluarga fokusnya pada memanfaatkan waktu keluarga (nikmat lhooo), bukan pada belanja apalagi sibuk jeprat-jepret foto hehehe ...

mel said...

yaah.. tamat, sisa fotonya disimpan di mana? boleh liat?
mengaitkan postingan liburan ini dengan postingan "Biarkan Cahaya Itu Masuk", piknik ini salah satu makanan batin juga ya, memperkaya jiwa dengan mengamati ciptaanNya.

Man Bucit said...

mau tanya sih, apa harga barang2 macam pakaian, kain, etc di Jalan Masjid India lebih murah dari Jakarta/Indonesia. Just wondering. Kalau boleh reply ke kissman at hyundai.com.my

lenalando said...

bulan Mei y.l kami sekeluarga ke KL 4 hari, nginap di Bukit Bintang. enak jg krn dekat kemana-mana. Januari th dpn kami rencana ke KL lg, tp pengen suasana berbeda...enaknya nginap dimana ya...biar agak beda suasananya tp tetap dekat kemana2 n mudah cari makan, tengkyu..