Wednesday, July 26, 2006

Michael Buble vs Frank Sinatra


Gambar dari www.xanga.com


Ngobrol dikit ah soal musik. Minggu malam kemarin iseng menyalakan TV. Pindah-pindah saluran tanpa tujuan, eh tahunya pukul 9.30 malam di JakTV ada konsernya Michael Buble. Jadi deh melototi TV ... :-P

Konsernya berjudul "Caught in the Act". Aksi panggung dan suaranya memang keren banget. Apalagi pas lagu-lagu awal yang ceria dan semangat. Lompat sana, lompat sini, tangan yang sibuk ngasih komando ke musik pengiringnya maupun penonton, sampai aksi memainkan tiang mike mengikuti alunan lagu. Berhubungan belakangan ini nonton TV paling lihat sekilas Indonesian Idol dan band Extravaganza, ya jelas banget suara si Buble sangat enak didengar .... hehehe.

Istri yang turut nonton berkomentar, "Ini lagu-lagu lama ya?"
"Ya" jawab saya, "Hampir semua lagu-lagu standar swing (?) jaman Frank Sinatra dkk"
Oh ... kata beliau, "Kalau dibandingin sama Frank Sinatra gimana ya?"


Gambar dari www.americangaming.org


Eitts ... saya jadi teringat kalau saya punya DVD Frank Sinatra, "the main event". Kualitas rekamannya memang tidak seperti jaman sekarang, Dolby Stereo, DTS, 5/7/9 channel segala, hanya PCM saja. Tapi lumayan lah untuk mengisi koleksi DVD musik saya .. :)

Berhubung ditanya, ya sekalian deh. Begitu Buble menghilang di balik iklan, saya langsung pasang dan dengar dua lagu, Let Me Try Again dan My Way. Hmmm .... suaranya memang beda.

Suara Buble yang tadi kedengaran cukup mantap dan berbobot setelah dengar Frank jadi terdengar sangat ’pop’. Gaya Buble bernyanyi dengan teknik yang bagus (memainkan vibrasi, keras-lemah, tebal-tipis dan seterusnya) ternyata masih kalah dibandingkan dengan suara Frank Sinatra yang lurus-lurus saja.

Gimana ya melukiskan Frank Sinatra? Suaranya lembut dan mantap namun bisa juga lantang dan penuh. Mimik wajah dan gerak tubuh sederhana yang sanggup memukau panggung. Dan penjiwaannya yang membuat saya hanyut dalam lagunya ....

Let me try again; let me try again.
Think of all we had before,
Let me try once more.

We can have it all, you and I again.
Just forgive me or I'll die.
Please let me try again.


Ah ... nggak ada habis-habisnya memang membahas ciptaanNya ... Subhanalloh ...

3 comments:

CUPI said...

lebih mantap didengerin di audionya bang zuki yang pake tabung itu kali yee .. ;)

Deci said...

Hi Pak..
Aku dah mampir ya....
Waktu itu juga pernah mampir kok, tapi memang gak sering.
:-)

Re: Bubble...
Aku gak punya Frank Sinatra jadi gak bisa bandingin, tapi album pertamanya Bubble tuh one of my favourite loh..
Mungkin musti minjem/ngopy Frank Sinatranya pak Zuki dulu nih...
:-)

onter said...

duh kalo dibandingin sbenernya jauh ya..pnyanyi jaman dulu lebi punya karisma dan lebi sangat mengentertain skali..yg perlu ditanya sbenernya dapet dmn itu dvdnya??saya nyari gak ktmu2..kmaren cuma nemu dvd livenya cliff richard aja ;p butuh info tempat jual dvd2 musik jaman bliau dan teman2nya..