Sunday, July 02, 2006

France and Zidane are back!!


Gambar dari http://sportsillustrated.cnn.com


Selamat tinggal Brazil. Anda boleh saja tim terhebat, sayang anda tidak serius di kompetisi ini. Oleh karena itu, memang lebih baik anda pulang lebih awal ....

Nggak sia-sia begadang jam 2 pagi menunggu pertandingan ini. Pertandingan berlangsung sangat menarik, terutama di babak kedua. Saya bukan pelatih bola, tapi kelihatannya Perancis menerapkan strategi yang sama seperti yang dilakukan Argentina terhadap Jerman, merebut lapangan tengah dan tidak membiarkan Brazil berlama-lama memegang bola. Yang berbeda dengan Argentina, ialah meski mereka sudah memasukkan goal lewat Henry (saya baru tahu ngucapinnya 'Anry ...), mereka tidak mengendurkan tekanan hingga pertandingan usai.

Zidane luar biasa! Inilah penampilan playmaker terbaik yang saya sempat lihat di piala Dunia 2006. Distribusi bola sangat tajam dalam mencari peluang, permainan tik-tak 1-2 pemain di lapangan tengah yang mengacaukan Brazil, sampai pada keahlian individualnya yang sangat asyik untuk ditonton. Kemarin Cak Min ngomel soal permainan yang tidak bakal menarik lagi, mudah-mudahan dia sempat lihat pertandingan ini ... :). Kelihatannya mungkin "agak tua" karena seperti lambat dan loyo, tapi di sisi lain merupakan mesin penghancur Brazil. Luar biasa ... !

Penampilan lain yang luar biasa juga ialah oleh Malele (atau Malolo?). Mesin lapangan tengah ini juga ada dimana-mana dengan keperkasaan fisiknya. Menyerang, menghadang, men-tackle ...

Satu kunci kemenangan Perancis menurut saya (lagi-lagi dari mata orang awam) ialah perubahan posisi Henry. Kalau di babak pertama dia sendirian di tengah sebagai target man, pada babak kedua dia mulai sibuk menyerang dari sisi lapangan, dan membuka lapangan tengah untuk para gelandang ... serangan menjadi jauh lebih efektif ....

So ... tinggal Eropa yang bertahan di piala Dunia, bagaimana analisis anda? Yang pasti masih harus begadang lagi nih ... :-P

8 comments:

igunone said...

wah .. wah .. rajin benneeerr bapak kita satu ini, langsung update! anyway, selain jadi fotographer, bisa juga jadi reporter jauh nih. Detikcom aja jauh kalah cepet ...he3x..

Minarwan said...

pak zuki, saya enggak nonton perancis-brazil pak.
asyik tidur pak... :D

Diah Utami said...

Saya bukan pecinta dunia bola sih, tapi lihat artikel tentang Zizou di koran, mbaca juga. Katanya setelah piala dunia tahun ini, dia akan berhenti 'merumput' ya? Mudah-mudahan dunia muslim akan melahirkan zizou-zizou baru, tidak hanya di cabang sepakbola.

zuki said...

@diah: amien ...

T A T A R I said...

bola itu bundar..
jadi gak hanya topi saya aja yang bundar..

he..he...
*komenngakmutu*

Sandhi Andika said...

bener banget tuch, mas.
mesti punya strategi yg jitu yaaa...
ntar jerman vs italia, gmana ya, mas ???
dah ada gambaran lom ??

la-fitra said...

Bang Zuki sekarang blog nya udah kaya tabloid BOLAAA....hehehe....

danudoank said...

ayo kita begadang lagi... malah ktr nawarin nonton bareng di citos neh, tapi saya milih nonton bareng nanda + ibunya di rumah... *foto2nya keren euy, bener ya itu di bambu apus, indonesia. temen saya kok termangu-mangu melihatnya. sayah link back ya bang zuki*