Saturday, June 18, 2005

Akhir Episode I bersama BlackBerry

Weekend ini tangan gatal juga ngoprek si BB. Pikiran saya kalaupun nggak bisa diapa-apain, masa' themes, walpaper, dan ringtones nggak bisa dirubah? Hari gini ... (niru iklan frenship) ... :-D

Dari Desktop Manager saya coba cari-cari cara transfer image files dan ringtones (mid). Nggak ada option .. OK.

Nyari-nyari di internet akhirnya ketemu 1 theme dari Vodafone untuk BB. Bentuknya .zip. Asyik, saya extract di satu folder kemudian dari Desktop Manager saya coba install. Sukses ... but ... ??? Si BB bengong hampir 5 menit. Udah serem aja .. mikir-mikir bakal musti lapor ke kantor nih untuk ngereset device ini hehehe ...

Akhirnya setelah 5 menit plus pake restart segala, si BB balik kembali. Masuk ke Options-Themes, ada pilihan baru. Hmmm ... saya coba aktifkan, eh 'dia' ngomel. Coba beberapa kali ... nggak bisa juga. Akhirnya karena jengkel saya hapus en back to square one.

Cari-cari lagi internet ketemu file-manager untuk BB en beberapa jpg untuk wallpaper, gif untuk screen saver, dan mid files untuk ringtones. Hmmm ... semangat timbul kembali. Let's try!

Install file manager, terinstall aplikasi di desktop dan di BB. Ada option connect ke network via network provider yang kita pakai. Saya coba di BB, hmmm ... error waktu mencoba masuk ke URL tertentu. Mungkin karena memang service ini belum diaktifkan barangkali .... maklum di BB ini browser aja nggak ada. Mungkin juga soal setting devicenya, proxy dll ...

OK lah, saya coba main-main file manager di desktop. Ada option untuk mengcopy file ke BB. Saya coba, ternyata dia minta kita sync setelah memindahkan file-file. OK then, I'll sync.

Sync selesai. Makan waktu sekitar 1 menit hanya untuk mentransfer 12 kb file. Kelihatannya si BB ini processornya masih pake 286 kali ya ... lambat banget. File sudah tertransfer, mantap! Saya coba buka di file-managernya, gif dan jpg dengan sukses saya buka, sementara mid files dia nggak bisa. Alright .... almost there!

Saya masuk lagi ke interface standard BB, coba ganti wallpapernya. Eh, nggak muncul filenya di pilihan wallpaper! Pusing ... OK, masuk ke profile dulu deh, coba ganti ringtonenya. Eh, nggak muncul juga di pilihannya!!!!!!!

Akhir saya coba lihat-lihat lagi si file-manager. Setelah saya perhatikan ternyata dia seperti bikin file-system sendiri di dalam BB ini. Saya tidak bisa lihat file-file system di BB ini, saya cuma bisa lihat file-file yang saya transfer dari desktop. Arrrgggh ....

OK, back to square one. Saya menemukan link untuk mengganti ringtones, cuma caranya harus download langsung dari BBnya. Lha yang ada sekarang ini nggak ada browsernya, gimana mau download? Musti pasang terminal+wget kali ya? :-P

Terakhir, mutar-mutar di internet, masuk ke vodafone. Di situ dijelaskan kalau versi 7290 ini tidak bisa dipakai untuk download ringtones ... ???

So, kelihatannya harus tutup buku nih ngoprek BB. Kecuali ketemu situs underground yang bisa 'membuka' file sistem BB barangkali. Saya sempat lihat juga ada yang nanya-nanya Linux vs Blackberry. Mungkin kalau menelusuri link ini, bisa ketemu cara 'menghack' device ini. Karena biasanya kalau Linux sudah bisa berinteraksi dengan device ini, artinya kita bisa menggunakan 'bahasa' yang lazim dan tidak sekedar mengandalkan suatu software tanpa mengerti proses yang sesungguhnya berjalan.

Mungkin next week kalau ada semangat, saya coba telusuri jalur Linux ini ... for now, it is enough .. :-P

No comments: