Wednesday, June 08, 2005

Apresiasi

Apresiasi ... penghargaan.

Apa yang anda rasakan jika anda telah menyelesaikan suatu tugas dengan baik kemudian atasan anda mengapresiasi hasil dengan dengan hati yang tulus? Ia mungkin memberikan segepok uang sebagai penghargaan. Namun mungkin pula ia 'hanya' menepuk bahu anda sambil menjabat tangan anda. Namun bentuk apapun penghargaan itu, ia lakukan dengan hati yang tulus, demikian tulusnya sehingga anda bisa merasakan kehangatannya.

Bagaimana jika anda berada pada posisi sebaliknya, sebagai seorang atasan, anda sangat senang dan puas dengan hasil pekerjaan bawahan anda. Anda memberikan penghargaan, di depan orang banyak, dengan wajah yang berseri-seri dan jabatan tangan yang hangat. Apa yang anda rasakan?

Lalu bagaimana jika sebaliknya, yaitu justru bawahan anda yang memberikan anda penghargaan? Mereka menganggap anda telah melaksanakan tugas anda sebagai atasan dan pemimpin mereka. Mereka menghargai itu dan juga sekaligus mendorong anda untuk melaksanakan tugas sebagai atasan, pemimpin, pembimbing, pendukung, dan fasilitator lebih baik lagi. Apa yang anda rasakan?

:-)

Apapun kasusnya, kita manusia harus senantiasa bersyukur. Kita harus bisa mengembalikan semua penghargaan itu kepadaNya, yang telah begitu banyak memberikan rezeki yang tiada putus-putusnya kepada kita. Kita juga harus sadar kalau penghargaan itu adalah satu titik tonggak dalam kehidupan kita, mungkin pitstop dalam balap Formula 1. Kita boleh berhenti sejenak untuk merenung dan merefleksi yang telah lewat. Namun setelah itu saatnya itu berangkat kembali untuk menapaki hidup yang cuma sebentar ini.

Alhamdulillah ...

No comments: