Tuesday, June 21, 2005

Knowledge Management

Tadi siang ada presentasi mengenai knowledge management. Salah satu 'kampanye' yang rame belakangan ini di dunia bisnis. Intinya informasi adalah senjata ampuh untuk membuat perusahaan kita lebih unggul dari perusahaan lain. Oleh karena itu, informasi harus dikelola sebaik-baiknya. Mulai dari proses meng-capture-nya, mengolah, hingga penyajian maupun distribusinya sehingga bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin bagi si perusahaan untuk bertahan dan menang dalam percaturan bisnis yang makin ketat saat ini.

Yang menarik, ialah pada saat sang presenter menyajikan presentasinya, beliau memperlihatkan gambar gunung es dan menggunakannya sebagai analogi. Bagian gunung es yang timbul adalah explicit knowledge yang sudah ada, mungkin dalam bentuk tulisan, multimedia, dan lain sebagainya. Sementara bagian gunung es yang berada di dalam air - yang notabe jauuuh lebih besar - adalah tacit (bahasa apaan sih ini?) knowledge, yaitu informasi yang belum tergali, masih ada di benak orang-orang dan belum tertuang dalam bentuk tulisan dll di atas.

Saya jadi berfikir ... berarti blog ini bisa dibilang salah satu media untuk 'menuangkan' si-tacit ini menjadi explicit knowledge ya? Kan sebagian besar proses blogging (bener nggak?) ialah menuangkan isi hati maupun kepala kita ke bentuk lain - tulisan dalam hal ini - yang dapat dipahami oleh orang lain ...

Hmmm ... so 'the bloggers' we are actually doing some part of knowledge management ... :-). Belum lagi kalau bicara bagaimana sesama blogger membaca blog lainnya sehingga terjadi proses knowledge sharing ... :-P.

Bangga juga rasanya ... hehehe. But, what next after proses 'penuangan' dan sharing ini? Hmm ... melamun lagi ah ... mau kemana ya habis ini?

No comments: