Wednesday, June 22, 2005

Menikmati Hidup Yang Penuh Keindahan

Arvan Pradiansyah

Hidup itu indah! Pernyataan ini bukanlah slogan yang dibuat-buat sekedar untuk menghibur diri. Hidup yang indah adalah suatu kenyataan. Namun keindahan hidup itu tidaklah tergantung dari apa yang kita miliki. Keindahan hidup tergantung dari cara kita melihat, dari jendela yang kita gunakan untuk melihat dunia. Kalau kita melihat dari jendela-jendela keindahan, hidup akan terlihat indah. Sebaliknya, kalau jendela kita kotor, hidup pun akan terlihat kotor dan coreng moreng.

Kunci kebahagiaan hidup ada di dalam, bukan di luar. Ada satu pernyataan Stephen Covey yang sangat terkenal, "If you think the problem is out there, that very thought is a problem" kalau anda merasa masalahnya ada di luar sana, pikiran itu sendiri adalah masalahnya. Kebahagiaan itu sendiri sebenarnya adalah sesuatu yang tidak membutuhkan syarat apapun juga karena ia bersumber pada sesuatu yang ada di dalam.

Bagaimana dengan hidup anda sendiri? Apakah anda merasa berbahagia atau tidak? Kalau jawabannya tidak, saya akan menunjukkan kiat yang sangat sederhana dan dapat anda praktekkan saat ini juga: bersihkan jendela anda, rubahlah cara anda memandang hidup ini. Untuk itu ada beberapa paradigma dan cara memandang hidup yang perlu anda pertimbangkan.

Pertama, anda harus merubah cara pandang anda terhadap masalah. Kalau biasanya anda mengeluh setiap berhadapan dengan masalah, kini anda harus justru bersyukur. Masalah menunjukkan bahwa anda benar-benar hidup! Jangan memandang masalah sebagai suatu bencana dan hambatan. Masalah justru adalah suatu peluang untuk maju dan berkembang. Masalah yang pelik akan membuat otak kita berpikir keras mencari solusi yang kreatif. Masalah akan membuat kita mengerahkan segenap daya dan kemampuan kita untuk menyelesaikannya. Dan kalau kita dapat menjalani prosesnya dengan benar, kita akan mendapatkan kenikmatan hidup begitu kita dapat menyelsaikan masalahnya. Kuncinya, hadapilah setiap masalah dengan tenang, pandanglah itu sebagai kesempatan berharga untuk tumbuh. Orang yang tidak pernah berpikir keras tidak akan menjadi orang yang tangguh dan kreatif. David Brinkley, seorang jurnalis senior dan komentator televisi terkenal di Amerika Serikat pernah mengatakan, "Orang sukses adalah orang yang dapat membangun pondasi dari batu-batu yang dilemparkan oleh orang lain padanya."

Kedua, anda juga harus sadar bahwa kebanyakan masalah yang kita hadapi sebenarnya hanyalah masalah kecil saja. Masalah-masalah ini seringkali membuat kita pusing, sedih, dan gelisah. Padahal setahun dari sekarangpun kita tidak akan pernah mengingatnya lagi. Hanya segelintir masalahlah yang merupakan masalah besar yang perlu benar-benar kita perhatikan.

Ketiga, untuk bisa mengetahui mana persoalan besar dan mana persoalan kecil dalam hidup kita, anda harus meluangkan waktu untuk berpikir dan menemukan, "Apa yang Paling Penting." Ini penting sekali, karena sebelum anda dapat menemukannya, segala sesuatu akan nampak penting. Sebuah masalah kecilpun dapat membuat kita "kebakaran jenggot." Karena itu tugas terpenting dalam hidup adalah menemukan apa yang paling penting. Dengan demikian semuanya akan nampak sangat sederhana. Hidup adalah sederhana jika kita mengetahui apa yang penting.

Keempat, kita perlu merubah pandangan kita mengenai target dan hasil. Urusan hasil adalah urusan Tuhan. Yang bisa kita lakukan sebagai manusia hanyalah berusaha dengan sekuat tenaga. Usaha ada dalam kontrol kita sementara hasil sepenuhnya berada dalam kekuasaan Tuhan. Karena itu yang perlu kita pikirkan adalah usaha. Memikirkan mengenai hasil hanyalah akan membuat kita stres dan tertekan karena semua itu berada di luar kontrol kita. Dengan demikian, anda akan memiliki pandangan yang baru terhadap kesuksesan. Sukses berarti mengerjakan yang terbaik yang dapat kita kerjakan. Sukses terletak dalam kerja, bukan dalam perolehan, dalam usaha, bukan dalam kemenangan.

Kelima anda juga perlu merubah cara pandang anda mengenai efektivitas dan efisiensi. Banyak orang yang mengartikan efektivitas dan efisiensi dengan melakukan berbagai hal sekaligus. Padahal untuk bisa menikmati hidup anda justru harus melakukan tugas anda satu demi satu. Melakukan tugas satu demi satu akan membuat anda berada dalam kondisi sadar sepenuhnya. Kesadaran adalah kunci menikmati hidup. Hidup yang nikmat adalah hidup yang dijalani dengan penuh kesadaran, dari waktu ke watku dan dari detik ke detik. Dengan demikian setiap tarikan nafas yang kita lakukan akan terasa begitu nyata dan begitu indah. Hidup yang indah bukanlah hidup yang dijalani dengan penuh ketergesaan. Hidup yang indah bukanlah dilakukan dengan melakukan berbagai pekerjaan sekaligus demi menghemat waktu. Hidup yang indah adalah melakukan pekerjaan satu per satu sambil mencurahkan seluruh kesadaran kita untuk masuk ke dalam apapun yang kita kerjakan.

4 comments:

Anonymous said...

Zuki, ini moto hidup saya. Menarik, seorang Cophey bisa membagi ini ke orang banyak sehingga hidup yang indah jadi makin indah ...

zuki said...

Thanks for comment. Apa itu indah? Hmmm ... bahan lamunan baru nih kelihatannya ... :-P

cikal61 said...

hidup memang indah.....
apa itu indah?
saya rasa indah bukan untuk didiskusikan, semakin berkutat mencari artinya maka semakin tidak terasa.....

seperti cinta, indah itu untuk dirasakan, dialami......

Anonymous said...

hidup mmank indah, jika kita rasa'kan dngan rasa bersyukur