Tuesday, June 21, 2005

21 Kualitas Pemimpin Sejati (bagian 2)

Tulisan ini berdasarkan buku karangan John C Maxwell, The 21 Indispensable Qualities of a Leader. Tiada maksud untuk menulis ulang buku ini (takut kena urusan copyright hehehe ...), tapi lebih berupa ringkasan berdasarkan pemahaman saya .. :-O

2. Karisma; kesan pertamalah yang terpenting

Saya belum pernah menjumpai seseorang yang seberapa tinggipun posisinya, tidak melakukan pekerjaan yang lebih baik dan berupaya lebih keras jika didukung ketimbang jika dikritik - Charles Schwab, Industriawan

Apa sih karisma itu? Menurut Maxwell, karisma adalah kemampuan untuk menarik perhatian orang kepada anda. Seperti layaknya karakter, karisma adalah sesuatu yang bisa dikembangkan, dan bukan kualitas bawaan dari lahir. Jadi, bagaimana mengembangkannya?

- Cintailah kehidupan
Orang senang pada pemimpin yang mencintai kehidupan. Bayangkanlah orang-orang dengan siapa anda ingin melewatkan waktu. Penggerutu? Selalu memandang dari segi negatif? Selalu pusing? Tentu tidak ... (mirip iklan apa ya?). Anda ingin melewatkan waktu anda dengan seseorang yang selalu riang, ceria dan penuh semangat, orang yang menyenangi kehidupan ini.
- Berikanlah nilai 10 kepada setiap orang
Salah satu hal terbaik yang bisa kita lakukan bagi orang lain ialah dengan mengharapkan yang terbaik dari mereka. Selalu lihat segi positifnya, pandanglah mereka sebagai seseorang yang mampu dan cakap dalam hidup ini. Kenapa? Ini membantu mereka menghargai diri sendiri, yang pada saat yang bersamaan juga membantu anda menghargai diri anda sendiri. So, cobalah menghargai keunikan dan potensi orang lain, hargai usaha-usaha mereka, dan berikan dorongan kepada mereka; mereka akan mengasihi anda karenanya.
- Berikan pengharapan
Jadilah orang yang positif dan luaskan sikap itu kepada orang-orang di sekitar anda. Jangan pernah putus asa, selama hayat masih dikandung badan, harapan harus senantiasa dipasang. Be positif man!
- Berbagilah
Orang senang pada pemimpin yang suka berbagi tentang perjalanan hidupnya. Berbagilah dengan kesempatan-kesempatan yang anda dapatkan, kegembiraan, kesenangan. Bahkan, dahulukan mereka ketimbang diri kita sendiri ...

Hmmm ... dimana kita saat ini?
- Apakah kita congkak?
Biasanya orang tidak suka memiliki pemimpin yang merasa dirinya tahu segala-galanya.
- Merasa tidak mapan?
Jika anda tidak merasa nyaman dengan diri anda sendiri, lha gimana bisa mengharapkan orang lain merasa nyaman dengan anda?
- Selalu berubah-ubah?
Jika orang tidak apakah mereka bisa berharap sesuatu dari anda, maka jelas mereka akan berhenti mengharap ...
- Perfeksionis
Setiap orang memiliki keunikan dan adalah mustahil untuk mengharapkan orang untuk memenuhi standar diri kita sendiri ...
- Sinis
Ini paling buruk, jika kita selalu mencari-cari kesalahan orang lain dan sama sekali tidak melihat sisi positifnya

So, dimana kita saat ini?

3 comments:

Danny said...

Wah, kita sama2x penggemar buknya John C. Maxwell nih.
Good post, jadi aku bisa hemat waktu nih, baca blogmu aja. :)

Audrey Cornu said...

Topik yang lagi menarik perhatian saya nih.. Jadi kalo menurut Maxwell semua orang bisa jadi karismatik ya?

Tanpa bermaksud menjadi orang skeptis nih, suka kerasa ngga mas (ngomong2 dipanggil mas gpp?), ada satu "Faktor X" dalam diri beberapa orang yang membuat dirinya karismatik 'dari sananya' dan faktor itu ngga bisa dimiliki setiap orang?

Ada pendapat? :)

zuki said...

@audrey: soal karismatik, ini mungkin perdebatan soal apakah pemimpin itu dilahirkan atau bisa dilatih ... :)