Wednesday, July 20, 2005

1 Kualitas Pemimpin Sejati (bagian 6)

Tulisan ini berdasarkan buku karangan John C Maxwell, The 21 Indispensable Qualities of a Leader. Tiada maksud untuk menulis ulang buku ini (takut kena urusan copyright hehehe ...), tapi lebih berupa ringkasan berdasarkan pemahaman saya .. :-O

6. Keberanian: Satu Orang dengan Keberanian Sama dengan Mayoritas

Keberanian secara tepat dianggap sebagai kualitas yang terutama dalam diri manusia ... karena kualitas inilah yang menjamin kualitas-kualitas lainnya - Winston Churchill, Perdana Menteri Inggris

Apa kesamaan yang dimiliki oleh ketiga orang berikut ini: pembalap mobil yang memecahkan rekor dunia di Daytona pada tahun 1914, pilot yang mencatat kemenangan terbanyak melawan pasukan Jerman pada Perang Dunia I, dan sekretaris penasihat perang khusus, yang selamat dari kecelakaan pesawat serta 20 hari terapung-apung di samudera Pasifik ketika PD II? Mereka semua selamat dari keadaan berbahaya. Mereka semua memperlihatkan keberanian serta otot baja di bawah tekanan. Dan mereka kebetulan orang yang sama - Eddie Rickenbacker.

Menjawab tantangan tidak pernah menjadi persoalan baginya, entah itu tantangan fisik, mental, ataupun ekonomi. Ia memberi nafkah bagi keluarganya sejak usia muda, kemudian menjadi pembalap yang memecahkan rekor dunia. Setelah itu ia menjadi penerbang dan memperoleh berbagai medali kehormatan. Ketika ditanya tentang keberaniannya bertempur, ia mengakui bahwa iapun takut. "Keberanian" katanya, "adalah melakukan apa yang anda takut lakukan. Takkan ada keberanian kecuali anda takut."

Keberanian mudah dilihat dari para pahlawan perang, namun keberanian juga tampak pada para pemimpin besar dalam bidang lainnya. Setiap kali anda melihat suatu kemajuan pesat suatu organisasi, anda tahu bahwa pemimpinnya telah mengambil keputusan yang berani. Posisi pemimpin tidaklah memberikan keberanian, namun sebaliknya keberanianlah yang dapat mengantar kita pada posisi pemimpin.

Sadarilah hal-hal berikut:

- Keberanian dimulai dengan pergumulan batin
Setiap ujian yang anda hadapi sebagai pemimpin dimulai dalam diri anda. Keberanian ialah melakukan apa yang anda takut lakukan. Memiliki kuasa untuk merelakan apa yang sudah anda kenal dan maju terus ke dalam wilayah baru.

- Keberanian artinya merubah segala menjadi benar, bukan sekedar meredakannya saja
Martin Luther King Jr pernah mengatakan, "Ukuran tertinggi dari seseorang bukanlah dimana ia berdiri di masa-masa nyaman serta menyenangkan, melainkan dimana ia berdiri di masa-masa penuh tantangan dan kontroversi."
Para pemimpin besar memiliki ketrampilan baik dalam membina hubungan dengan sesama, dan mereka dapat membuat orang lain berkompromi dan bekerjasama. Namun mereka juga sanggup memegang prinsip jika perlu.
Keberanian adalah menyangkut prinsip, bukan persepsi. Jika anda tidak memiliki kemampuan untuk melihat kapan harus memegang teguh keyakinan anda dan melaksanakannya, anda akkan pernah dapat menjadi pemimpin yang efektif.

- Keberanian dalam diri seorang pemimpin menginspirasikan komitmen dari para pengikutnya
Keberanian itu menular, jika seorang pemberani memegang teguh prinsipnya, yang lainnya akan turut berani. Kita mungkin masih ingat keberanian Amien Rais semasa saat perjuangan sebelum reformasi. Ini adalah contoh jelas keberanian yang kemudian menular ke seluruh pelosok masyarakat negeri ini.

- Kehidupan anda berkembang menurut keberanian anda
Sejarawan Romawi, Tacitus, menulis, "Hasrat untuk selamat akan menghambat setiap prestasi besar dan mulia." Namun keberanian membawa efek sebaliknya. Seperti kata John Henry Newman, "Janganlah takut hidup anda berakhir, tapi takutlah hidup anda tidak pernah dimulai."
Eleanor Roosevelt mengakui, "Anda akan mendapatkan keberanian, kekuatan, dan keyakinan diri, dari setiap pengalaman dimana anda benar-benar berhenti untuk menatap langsung pada rasa takut itu. Anda dapat berkata pada diri sendiri, 'Toh horor ini berhasil kulalui juga. Yang selanjutnya juga pasti dapat kulalui'. Anda harus melakukan hal yang anda rasa tidak dapat anda lakukan."

Sekarang bagaimana cara meningkatkan keberanian?
- Hadapilah kenyataan. Keluar dan lakukan sesuatu yang menumbuhkan keberanian. Berbicara di depan orang banyak, mendaki gunung, mendaki gunung, dan lain sebagainya yang akan membuat anda menghadapi rasa takut yang sesungguhnya.
- Berbicaralah kepada orang itu. Kebanyakan orang menghindari konfrontasi dengan orang lain. Jika anda juga demikian, bicaralah dengan orang yang 'bersinggungan' dengan anda.
- Ambillah langkah raksasa. Berganti pekerjaan? Menghadapi masa sulit interview, penantian, suasana kerja baru, teman baru, atasan baru, tantangan baru?

Anda penggemar Harry Potter? Ia menunjukkan keberanian dalam hidup ini. Atau Frodo Baggins di LOTR? Ia juga menunjukkan keberanian dalam hidup ini ... anda mau kalah dengan mereka berdua?

:-D

No comments: