Sunday, July 24, 2005

Hobi

Kemarin Dan nanyain koleksi buku saya. Hmm ... terus terang selama beberapa tahun terakhir saya 'berhenti' baca buku.

Waktu itu hobi ngoprek linux (waktu habis gentayangan di internet nyari manual, how-to, dan sejenisnya). Hobi ini berkelanjutan jadi ngoprek berbagai jenis aplikasi yang running sebagai server applications di Linux seperti web server, database, intranet, portal, document management dan segala macamnya. Maklum cukup dengan modal PC lama dan dengan download segala macam tanpa harus repot beli license atau nge-crack .. hidup Linux!

Habis itu pindah ngutak-ngutik PDA dan berbagai OSnya (masih inget nge-flash PDA yang pertama, linux based, sampe keringet dingin takut PDAnya berubah fungsinya jadi ganjal kertas atau pintu hehehe ...).

Terus pindah belajar memahami orang, baik diri sendiri maupun orang lain (tahu Gung Ho?). Yang ini masih jauh dari selesai, baru aja mulai ... :-)

Awal tahun ini, hobi saya nambah satu lagi, tepatnya kembali ke hobi lama. Dengerin musik. Ternyata dengerin musik ini memberikan saya peluang untuk duduk tenang di depan peralatan musik dan tidak ngoprek macem-macem. Naah sambil denger musik kan bisa baca-baca.

Lalu muncul si blog ini ... :-). Tersalurkan deh hobi baca buku ini ... cuma sekarang agak kelabakan. Ada beberapa buku (yang berat-berat) semua yang sedang saya baca secara paralel. Karena saya kepingin setiap kali mendapat sesuatu dari buku yang saya baca, saya tulis summarynya di blog, kegiatan membaca ini berjalan cukup lambat (relatif sih). Pergerakannya pelan karena setiap kali mendapat ide saya menginginkan ide menuangkannya di blog.

Sebagai alternatif buku, saya juga mulai membuka-buka majalah (yang notabene biasanya lebih 'ringan') seperti CIO Magazine dan ComputerWorld. Sering juga dapat ide dari sini ... :-)

So rekans, what is your hobbies? Share it plz ... :-D

4 comments:

wawa said...

interesting topic, gua entar juga pingin topic di blog tentang hobby deh ... hey, loe jago linux yah? keren bo ... gua lulusan informatika sih .. tapi kaga pernah kenalan ama linux, cuman pernah make2 unix bentaran aja. tentang 'gung ho' gua pikir itu judul film 'gung ho' , terus karena penasaran gua nyari2 tentang 'gung-ho' di , wikipedia ,, dan ini hasilnya , terus kemudian mungkin baru dijadiin ke gung ho yang ini kali yah? Hehehe .. sori gua ga bermaksud sok tahu, cuman iseng berpartisipasi aja :p

Umi Hanik said...

kayanya riwayat hobi saya mirip2 pak zuki deh..cuman kalo saya pas lagi hobi2nya pasti saya kurek2 sampe bosen trus nemu hobi baru lg yg asik & hobi lama ditinggal hehehe..mirip gak?? kayanya enggak!

zuki said...

@kabul: jago linux? nggak juga .. tapi kerjanya ngomporin orang biar pindah ke linux hehehe ... gungho memang ada filmnya. Link yang ke businessball yang mantap, memang ini bicara mengenai bagaimana membangun tim yang kuat dan solid

@jellyjuice: bener kok mirip-mirip ... udah bosan pindah lagi hehehe ...

Anonymous said...

hobiku banyak pak. tau aja deh, mulai dari baca, fotografi, travelling, diving.... yang aku pingin lakukan sekarang adalah bikin book review, setelah selesai baca. selama ini banyak banget baca tapi jarang nulis. jadi makin rajin setelah ada blog (sama banget kisahnya).

review-ku tentang Gie serius banget ya? :D ya itulah aku, bisa serius bisa santai bisa lucu bisa marah bisa romantis hehehehe....