Saturday, July 02, 2005

Indahnya musik ...

Alhamdulillah malam ini saya bisa bersantai dengan serius (kok santai tapi serius??) mendengarkan musik. Lebih dari 2 jam saya terpaku di depan peralatan stereo saya mendengarkan berbagai lagu mulai dari Diana Krall, Celine Dion, Fourplay, Jane Monheit, Chie Ayado, Basso, Cai Qin, sampai Ruth Sahanaya! Buku-buku yang tadinya saya siapkan untuk menemani malam ini pun akhirnya teronggok saja di meja sementara saya 'melebur' dalam keindahan musik yang mengalir ...

Melenceng sedikit, kebetulan peralatan stereo yang saya miliki bisa mewujudkan (setidaknya menurut telinga saya lhooo) musik dengan baik. Suara penyanyi bisa ditampilkan seakan-akan penyanyi tersebut hadir dan bernyanyi langsung untuk kita. Kita seakan-akan bisa 'melihat' gerak bibirnya, desahan suaranya, hingga lekak-liku suara yang keluar ... Sementara suara alat musik maupun orkestra yang mengiringi terdengar bersih, jelas, dan terpisah, dan seakan-akan membentuk bayangan 3 dimensi. Suara gitar terdengar seperti kita memetik gitar di depan kita langsung, begitu pula suara piano, suara bass, drum dan yang lainnya pun tak mau kalah.

Maka tak heran malam ini saya 'hilang' dalam belantara indahnya musik. Seluruh energi, konsentrasi tercurah untuk menikmati salah satu keindahan hidup ini. Apalagi ketika malam semakin larut, suasana rumah dan lingkungan semakin tenang, hingga musik yang terdengar benar-benar mengalun dan mengisi keheningan malam ini ...

Ada satu lagu dari Cai Qin, dimana diawalnya ia menyanyi hanya diiringi oleh dentingan piano. Namun di tengah lagu, dentingan piano itu lenyap dan berganti dengan bunyi malam hari ... desahan angin sepoi-sepoi, suara jangkrik sayup-sayup, dan suara kodok di kejauhan .... baru menjelang akhir lagu lambat-laun dan perlahan-lahan di latar belakang dentingan piano kembali menelusup masuk ... aaah indahnya.

Lagu yang terakhir yang saya dengar adalah Ingin Kumiliki dari Ruth Sahanaya. Lagu ini pernah dinyanyikan oleh salah satu finalis Indonesia Idol beberapa waktu yang lalu (pada semifinal kalau tidak salah). Kontestan Indonesian Idol ini menyanyikannya dengan penuh perasaan ... indah sekali. Sayang ia kalah pada saat itu dan sebelum ia meninggalkan panggung, ia didaulat untuk menyanyikan lagu itu kembali. Pada saat itu selain penuh perasaan, tergambar juga perasaan sedih dan pasrah ... saya ingat betul, waktu itu mata jadi agak berkaca-kaca (hehehe ...).
Malam ini, Ruth menyanyikannya kembali untuk saya. Ruth seakan muncul di ruangan dan menyanyi dengan penuh hasrat, merdu, penuh perasaan ... dengan suaranya yang khas. Aaah ... sampai saya putar 5 kali .... :-)

Indah sekali ... indah sekali ...

No comments: