Monday, July 04, 2005

21 Kualitas Pemimpin Sejati (bagian 4)

Tulisan ini berdasarkan buku karangan John C Maxwell, The 21 Indispensable Qualities of a Leader. Tiada maksud untuk menulis ulang buku ini (takut kena urusan copyright hehehe ...), tapi lebih berupa ringkasan berdasarkan pemahaman saya .. :-O

4. Komunikasi: Tanpanya Anda Akan Menempuh Perjalanan Sendirian

Seorang komunikator membuat hal yang rumit menjadi sederhana - John C Maxwell

Sudah jelas komunikasi merupakan komponen penting dalam hidup ini. Tanpanya kita hidup sendiri. Bahkan Tom Hanks di film Cast Away menjadikan sebuah bola menjadi temannya berkomunikasi. Kenapa? Karena ia membutuhkan itu, sama butuhnya dengan makanan dan minuman yang ia perlukan untuk bertahan hidup.

Sekarang kenapa komunikasi sangat penting bagi seorang pemimpin? Maxwell dalam bukunya ini mengambil contoh presiden Amerika Ronald Reagen. Reagen, kata Maxwell, adalah eksekutif yang baik karena memiliki visi yang jelas, mudah dalam mengambil keputusan, dan sangat efektif dalam mendelegasikan. Namun ia adalah pemimpin besar karena kemampuannya yang luar biasa untuk berkomunikasi. Dalam soal memimpin negara, orang tahu siapa dia, di pihak mana dia, dan apa yang ia inginkan, dan mereka tidak sabar untuk mendukungnya.

So, bagaimana bisa menjadi komunikator (ini seperti judul kuis di TV beberapa waktu yang lalu ya? :-P) yang baik? Ada 4 prinsip dasar:

- Sederhanakanlah pesan anda
Kunci komunikasi yang efektif adalah kesederhanaan. Seperti kata Napoleon Bonaparte kepada para sekretarisnya, "Yang jelas, yang jelas, yang jelas."
- Pandanglah lawan bicara anda
Komunikator yang ulung memfokuskan pada lawan bicaranya. Mereka tahu pentingnya mengetahui segala sesuatu yang menyangkut lawan bicaranya. Berorientasilah pada pendengar.
- Tunjukkan kebenaran
Kredibilitas mendahului komunikasi yang hebat. Ada 2 cara untuk menyampaikan kredibilitas kepada pendengar anda. Pertama, percayalah pada apa yang anda ucapkan. Orang biasa akan menjadi komunikator ulung jika memiliki semangat keyakinan yang tinggi. Kata Jenderal Lapangan Ferdinand Foch, "Senjata yang paling ampuh di bumi adalah jiwa manusia yang berkobar-kobar."
Kedua, amalkanlah ucapan anda. Tidak ada kredibilitas lebih besar ketimbang keyakinan pada tindakan.
- Tariklah respons
Sementara anda berkomunikasi, jangan lupa sasaran komunikasi adalah action/tindakan. Setiap kali anda berbicara dengan orang lain, berilah mereka sesuatu untuk dirasakan, diingat, dan dilakukan.

Sekarang, bagaimana tips menerapkan hal-hal di atas? Beberapa di antaranya adalah:
- Sampaikan pesan anda sejelas mungkin.
Gunakan kalimat-kalimat singkat, langsung, sederhana, dan jelas.
- Fokuskan kembali perhatian anda.
Fokus anda haruslah pada pendengar, renungkan kebutuhan mereka, pertanyaan mereka, dan keinginan mereka.
- Hidupkanlah pesan anda
Tanyakan pada orang-orang di sekitar anda, apakah anda melakukan apa yang anda komunikasikan. Terima feedback yang ada dan gunakan itu untuk memperbaiki cara anda berkomunikasi.
- Latihlah setiap hari ...

2 comments:

Danny said...

Keep posting tulisan John C. Maxwell ya Zuki, dikit2x pasti dibolehin lah :P~
Aku juga penggemarnya nih.

zuki said...

Siap komandan!