Monday, July 11, 2005

Managing

Maaf judulnya bahasa Inggris. Cuma belum ketemu bahasa Indonesia yang pas, mengatur? Kok rasanya belum cukup representatif menggantikan kata managing ...

Anyhow, saya sudah kurang lebih 3 tahun hidup tidak bisa lepas dari PDA (Personal Digital Assistant). Sudah berbagai jenis PDA saya gunakan, dari yang berbasis Linux, Palm, PocketPC, Symbian, Blackberry (total barangkali sudah 15 buah lebih he3x) dan saat ini sedang 'berlabuh' di Palm. Semua masuk ke sini, mulai dari agenda sehari-hari, tugas-tugas yang harus dikerjakan, catatan, dll. Supaya mudah, saya buat berbagai jenis golongan (kantor, pribadi, weekend misalnya) agar mudah menelusurinya. Juga penggunaan warna, font, maupun icon .. Selain itu harus ada fasilitas membuka file-file Micro$oft, ada Al Qur'an, travel kit (jadwal pesawat, cuaca, barang-barang yang musti dibawa kalau travel ... meski travelnya jarang banget hehehe), nomor-nomor emergency, jadwal maintenance mobil, dan masih banyak lagi. Ide-ide blog juga masuk sini ... everything is there and I can't live without it basically .. :-)

Hanya saja sudah 2 minggu ini saya balik ke kertas lagi. Mencatat tugas-tugas di kertas, mengetiknya di komputer, mengorganize-nya kembali, baru akhirnya masuk kembali ke PDA. Kalau ini sudah terjadi artinya pekerjaan sudah sedemikian melimpah ruah sehingga baik otak dan PDA sudah tidak sanggup menanganinya lagi .. dan akhirnya harus kembali ke pola sederhana. Pulpen dan secarik kertas ... :-)

Cuma kalau ingat 1-2 tahun yang lalu, situasinya lebih menarik lagi. Tugas-tugas yang ada sangat abstrak. Tidak mudah mengorganize maupun mengkategorikannya. Akhirnya pada saat itu saya sampai harus menggunakan metode 'mind mapping" (belajar mepet di google .. ) untuk mencoba memahami 'gambar' situasi secara keseluruhan.

Bagaimana dengan anda ... bagaimana anda mengatur-memange-mengorganize kehidupan anda? Apa berkutet dengan ruwetnya seperti saya atau biarkan hidup itu mengalir seperti air?

5 comments:

Danny said...

Believe it or not, semua jadual kehidupanku ada pada Outlook 2003.
Semuanya ada pada fasilitas calendaringnya, dan karena bisa terintegrasi dengan baik dengan treo, jadi sangat menolong sekali kalo di jalan, ada reminder, misal: meeting di tempat A jam sekian, atau pas pulang kantor, acara TV show B jam segini.
Kadang dipikir, kacau juga ya kita bisa tergantung pada teknologi. Hahaha

Anonymous said...

wahhh seandainya aku bisa seperti Dan atau yg lainnya mempunyai jadwal hidup yg tertata rapi...

Aku mengikuti air mengalir hanya mengandalkan reminder dari otak :)

zuki said...

@Dan, pake Treo berapa nih, 600, 650? Atau udah mau pindah ke LifeDrive? Cuma nggak ada HPnya ya ... iya, saya juga ada di Outlook ... as I said, can't live without it .. :-P

@Natasha, santai aja. Kalau nggak ada kebutuhan, jangan diatur-atur, ntar pusing sendiri ... lebih enak bisa menalir seperti air sungai yang bening ... :-)

Danny said...

Masih Treo 600 Zuki.
Treo 650 cuma buat boss doang sekarang. Hahaha

zuki said...

Aduh ... masih Treo 600? Maan ... waktunya ganti tuh. Apa pindah ke iPAQ yang baru, PDA+HP+WiFI+GPS? Hehehe .... uups pake OS Micro$oft ya ... :-D